PENGARUH LEADER MEMBER EXCHANGE DAN PEMBERDAYAAN MELALUI MEDIASI KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KINERJA ( Studi Pada Kantor Notaris di Propinsi Jawa Tengah )

Frans-Agustinus Frans-Agustinus

Sari


Kinerja pegawai notaris mempengaruhi kualitas pelayanan pada kantor notaris , adapun faktor yang mempengaruhi kinerja adalah Leader Member Exchange, Pemberdayaan dan Komitmen Organisasional. Hubungan antara atasan dan bawahan menentukan keharmonisan suasana kantor notaris ditunjang dngan  pemberdayaan dan   Komitmen organisasional yang kuat diharapkan akan diperoleh kinerja yang optimal.   Permasalahan  penelitian adalah bagaimana pengaruh Leader Member Exchange dan Pemberdayaan   terhadap Kinerja pegawai notaris di Propinsi Jawa Tengah secara langsung  maupun  melalui mediasi   Komitmen Organisasional.

Penelitian ini bertujuan  untuk menganalisis  dan mengetahui pengaruh Leader Member Exchange dan Pemberdayaan   terhadap Kinerja secara langsung  maupun  melalui mediasi Komitmen Organisasional. Penelitian ini termasuk  jenis  penelitian explanatory dengan menggunakan data primer dengan sampel sejumlah 105  dari populasi 1860 pegawai notaris di Jawa Tengah . Teknik pengumpulan data secara kuesioner serta mengunakan uji instrumen  berupa uji validitas dan uji reliabilitas. Pengolahan data menggunakan SPSS (Statistical Package  for the Sosial Sciences) .

Hasil penelitian menunjukan  Leader Member Exchange  dan Pemberdayaan berpengaruh Positif dan Signifikan terhadap Komitmen Organisasional, Komitmen Organisasional  dan Leader Member Exchange berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja, .  Pemberdayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja, Leader Member Exchange tidak berpengaruh terhadap kinerja dengan mediasi Komitmen Organisasional, Pemberdayaan berpengaruh  terhadap Kinerja dengan mediasi Komitmen Organisasional.            Saran yang diberikan antara lain : Pimpinan agar memberikan arahan yang jelas didalam pelaksanaan   pekerjaan, menumbuhkan sikap dan semangat  yang tinggi melalui pemberdayaan  dan peningkatan komitmen organisasional.


Kata Kunci


Leader Member Exchange,Pemberdayaan, Komitmen Organisasional, Kinerja



DOI: http://dx.doi.org/10.56444/sa.v2i2.59

Article Metrics

Sari view : 15247 times
PDF (English) - 0 times PDF (English) - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : 2302-2752 http://u.lipi.go.id/1346221190

Isi Naskah jurnal menjadi tanggung jawab penuh penulis yang bersangkutan

Dikelola oleh Penerbit Jurnal FEB UNTAG Semarang. Email: untag@untagsmg.ac.id atau jurnalsamac@gmail.com