Pengaruh Kinerja Aparat Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Di Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal

Charis Christiani Charis Christiani

Sari


Kecamatan menurut UU No.32 tahun 2004 merupakan perangkat daerah Kabupaten /kota yag dipimpin oleh kepala kecamatan dengan sebutan Camat. Salah satu bentuk pelayanan public tingkat kecamatan adalah pelayanan administrasi kependudukan. Aparat dituntut untuk melayani masyarakat secara professional yaitu mampu melayani secara transparan, akuntabilitas dan adil. Namun kinerja aparat dalam melayani masyarakat seringkali tidak sesuai dengan harapan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh atara kinerja aparat terhadap kepuasan masyarakat dalam pelayanan administrasi kependudukan di Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal?
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodologi penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian penjelasan (explanatory reseach), yakni menjelaskan Metode dalam penelitian ini adalah hubungan kasual dan pengujian hipotesis. Tteknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Teknik pengumpulan data dengan cara Observasi, Interview Guide, Questionere dan Dokumentasi. Teknik pengolahan data meliputi editing, coding dan tabulating serta dalam menganalisa data menggunakan analisa kualitatif dan kuantitatif. Pengujian hipotesis menggunakan teknik korelasi Product Moment dengan r hasil = 0,113. Selanjutnya nilai tersebut dikonsultasikan dengan r tabel dengan N = 37 pada taraf signifikansi 5% diketahui nilai tabel 0,103 Jadi nilai r hasil lebih besar dibandingkan dengan “r” tabel (0,113 > 0,103).
Sebagai rekomendasi dari hasil penelitian ini adalah perlunya peningkatan kinerja aparat melalui pendidikan dan latihan , peningkatan ketrampilan terutama dalam hal penguasaan computer untuk mengolah data administrasi kependudukan

Kata Kunci


Kinerja, Pelayanan, Aparat , Tingkat Kepuasan Masyarakat, Administrasi Kependudukan.



DOI: http://dx.doi.org/10.56444/sa.v1i2.64

Article Metrics

Sari view : 1191 times
PDF (English) - 0 times PDF (English) - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : 2302-2752 http://u.lipi.go.id/1346221190

Isi Naskah jurnal menjadi tanggung jawab penuh penulis yang bersangkutan

Dikelola oleh Penerbit Jurnal FEB UNTAG Semarang. Email: untag@untagsmg.ac.id atau jurnalsamac@gmail.com