PENGARUH FAKTOR LINGKUNGAN BISNIS EKSTERNAL DAN FAKTOR MANAJERIAL TERHADAP PERENCANAAN STRATEGIK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN ( Studi Empiris Pada Industri Kecil Makanan Wingko Babat Di Kota Semarang )

Aris Mardiyono Aris Mardiyono

Sari


Penelitian ini  bertujuan untuk menganalisis  pengaruh lingkungan bisnis eksternal terhadap Perencanaan Strategik, Faktor Manajerial terhadap Perencanaan strategik, Lingkungan bisnis eksternal terhadap Kinerja, faktor Manajerial  terhadap Kinerja dan Perencanaan strategik  terhadap Kinerja . Metode dasar dalam penelitian ini  adalah  metode diskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: Library Research, Documentation Research, dan Field Research. Jenis data yang dikumpulkan  adalah  primer dan data sekunder. Populasi adalah jumlah pengusaha sebanyak 678 orang . Metode pengambilan sampel menggunakan random sampling  yaitu setiap satuan elemen dari populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai sampel sehingga hasilnya dapat dievaluasi secara obyektif. Jumlah sampel yang akan diteliti dari populasi sejumlah  87 orang.

Hasil penelitian menunjukkan lingkungan bisnis eksternal, faktor manajerial berpengaruh secara signifikan terhadap perencanaan strategik  dalam meningkatkan kinerja perusahaan pada lingkungan pengusaha wingko babat di Semarang

Kata Kunci


Lingkungan bisnis eksternal, faktor manajerial, perencanaan strategik, kinerja perusahaan



DOI: http://dx.doi.org/10.56444/sa.v1i2.69

Article Metrics

Sari view : 2655 times
PDF (English) - 0 times PDF (English) - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : 2302-2752 http://u.lipi.go.id/1346221190

Isi Naskah jurnal menjadi tanggung jawab penuh penulis yang bersangkutan

Dikelola oleh Penerbit Jurnal FEB UNTAG Semarang. Email: untag@untagsmg.ac.id atau jurnalsamac@gmail.com