Pengaruh Kualitas Produk Dan Iklan Terhadap Minat Beli Konsumen AMDK Amidis Di Semarang

Frans Sudirjo

Sari


Saat ini banyak ditawarkan AMDK dari berbagai merek seperti AQUA, Club, VIT dan Ades di mana produk tersebut sudah dikenal pada lingkup nasional. Sedangkan di lingkup daerah, terdapat beberapa AMDK merek baru yaitu MOSES, CLEO maupun AMIDIS. Namun dari ketiga merek baru tersebut, merek yang keluar terakhir adalah AMIDIS. Berdasarkan data, target vs penjualan AMDK merek Amidis tahun 2012-2016 hanya tercapai sebesar 90,55%. Dari data tersebut menunjukkan bahwa terjadi penurunan pencapaian penjualan pada setiap tahunnya. Hal ini diduga bahwa penurunan pencapaian penjualan disebabkan karena berbagai hal seperti kualitas produk yang kurang bisa bersaing dengan merek lain yang sejenis seperti MOSES maupun CLEO. Di samping itu, minimnya iklan di berbagai media yang kurang gencar, sehingga berdampak pada ketertarikan dan minat konsumen untuk membeli menjadi rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan iklan terhadap minat beli.

Populasi yang digunakan adalah konsumen yang membeli AMDK Amidis di Kecamatan Semarang Pedurungan yang jumlahnya tidak dapat diketahui dengan pasti. Sampel yang diambil 100 responden. Metode pengumpulan datanya kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda, dengan sebelumnya diuji dengan uji instrumen dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Kualitas produk terbukti berpengaruh terhadap minat beli konsumen. Iklan terbukti berpengaruh terhadap minat beli konsumen.


Kata Kunci


Kualitas Produk, Iklan, Minat Beli Konsumen

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Komentar di artikel ini

Lihat semua komentar



ISSN : 2302-2752 http://u.lipi.go.id/1346221190

Isi Naskah jurnal menjadi tanggung jawab penuh penulis yang bersangkutan

Dikelola oleh Penerbit Jurnal UNTAG Semarang. Email: untag@untagsmg.ac.id