ANALISIS KUALITAS PRODUK, BIAYA KUALITAS DAN VOLUME PENJUALAN

Jaluanto Sunu Punjul Tyoso, Dyah Wiidyaningrum

Sari


ABSTRAKSI

Di wilayah Limpung terdapat puluhan perusahaan sejenis yang menghasilkan  produk yang sama dengan target pasar yang tidak hanya di pulau jawa akan tetapi sampai ke pulau-pulau lain di Indonesia bahkan ke luar negeri. Situasi ini menimbulkan persaingan yang ketat antar perusahaan dan saling berlomba untuk menawarkan keunggulan kualitas produknya.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh signifikan kualitas produk terhadap volume penjualan emping melinjo dan pengaruh signifikan biaya kualitas terhadap volume penjualan emping melinjo.  Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah jumlah produk emping melinjo UD. HN Putra tahun 2010-2011. Pada periode ini perusahaan telah menjangkau daerah penjualan tidak hanya di pulau Jawa tetapi juga ke luar pulau Sumatra, Bali dan Kalimantan, bahkan ke luar negeri. Selain itu volume penjualan yang dicapai relatif stabil dari tahun-tahun sebelumnya. Pengumpulan data lebih berfokus pada dokumentasi.   Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas produk mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan, sedangkan biaya kualitas mempunyai pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap volume penjualan. Kualitas produk dan biaya kualitas memberikan kontribusi stimulasi sebesar 99,6% terhadap volume penjualan sedangkan sisanya (100%-99,6%) disumbang oleh variabel – variabel lain yang tidak terungkap dalam penelitian ini. Selain dari pada itu, secara akuntansi, perhitungan biaya kualitas perusahaan belum memisahkan secara tegas pengelompokan tiap-tiap jenis biaya kualitas seperti biaya penilaian, biaya pencegahan, biaya kegagalan internal dan biaya kegagalan eksternal.

Kata kunci: Kualitas produk, biaya kualitas, volume penjualan, akuntansi, perusahaan

ABSTRACT

In the region Limpung there are dozens of similar companies that produce the same product with the target market not only in Java but are to the other islands in Indonesia and even abroad. This situation rises to intense competition among companies vying with each other and to offer superior quality products.   The purpose of this study is to find significant effects on product quality and sales volume melinjo chips significantly influences the quality cost to sales volume melinjo chips.   Samples used in this study is the number of chips melinjo UD. HN Putra products. years 2010-2011. In this period the company has reached out not only the sales area on the island of Java, but also to the outer islands of Sumatra, Bali and Borneo, and even abroad. In addition to the sales volume achieved was relatively stable from previous years. Data collection focused on the documentation.   The results showed that product quality has a positive and significant impact on sales volume, while the cost of quality has a positive but not significant effect on sales volume. Product quality and cost contributes to the quality of stimulation for 99.6% of sales volume while the rest (100% -99.6%) contributed by the variables - variables that are not revealed in this study. Apart from that, the accounting, costing the company the quality of the grouping has not been explicitly separating each type of quality costs such as appraisal costs, prevention costs, internal failure costs and external failure costs.
Key words: quality of product, cost of quality, sales volume, accounting, company


Kata Kunci


Kualitas produk, biaya kualitas, volume penjualan, akuntansi, perusahaan

Teks Lengkap:

PDF (English)


DOI: http://dx.doi.org/10.56444/sa.v1i1.8

Article Metrics

Sari view : 2299 times
PDF (English) - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : 2302-2752 http://u.lipi.go.id/1346221190

Isi Naskah jurnal menjadi tanggung jawab penuh penulis yang bersangkutan

Dikelola oleh Penerbit Jurnal FEB UNTAG Semarang. Email: untag@untagsmg.ac.id atau jurnalsamac@gmail.com