Kepuasan Mahasiswa Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Layanan Jasa Pendidikan Terhadap Komunikasi Word Of Mouth (WOM)

Mustikaningrum Hidayati

Sari


Persaingan kerja membuka kesadaran baru bagi masyarakat untuk meraih pendidikan setinggi mungkin. Kesadaran akan pentingnya pendidikan membuat masyarakat berbondong-bondong mencari program pendidikan yang diminatiUntuk dapat memenangkan persaingan dan mempertahankan kelangsungan hidupnya, perusahaan dituntut untuk mengembangkan strategi pemasaran yang tepat dengan Word of mouth (WOM) atau biasa disebut dengan promosi dari mulut ke mulut.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Kepuasan Mahasiswa mampu memediasi Pengaruh Kualitas Layanan Jasa Pendidikan terhadap Komunikasi Word Of Mouth (WOM) pada Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas 17 Agustus 1945 (FEB UNTAG) Semarang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan penyebaran kuesioner yang dibagikan kepada 73 responden mahaiswa semester akhir pada  Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas 17 Agustus 1945 (FEB UNTAG) Semarang. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Jalur dan Uji mediasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1).Kualitas Layanan Jasa Pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan mahasiswa, 2) Kepuasan Mahasiswa berpengaruh  positif dan tidak signifikan terhadap Komunikasi WOM, 3) Kualitas Layanan Jasa Pendidikan berpengaruh  positif dan tidak signifikan terhadap Komunikasi WOM dan 4) Kepuasan Mahasiswa tidak terbukti memediasi pengaruh Kualitas Layanan Jasa Pendidikan terhadap Komunikasi WOM mahasiswa FEB UNTAG Semarang. Hal ini menunjukkan bahwa dengan adanya Kualitas Layanan Jasa Pendidikan yang semakin baik mampu meningkatkan Kepuasan Mahasiswa

Kata Kunci : Kualitas Layanan Jasa Pendidikan; Kepuasan Mahaiswa; Komunikasi Word Of Mouth

 

Abstract

Competition opens new awareness for society to achieve education as high as possible. Awareness of the importance of education makes people flocked to seek educational programs of interest To win the competition and maintain its survival, the company is required to develop a proper marketing strategy with Word of mouth (WOM) or commonly referred to the promotion of word of mouth.
This study aims to determine whether Student Satisfaction is able to mediate the Effect of Quality of Education Services Service to Word Of Mouth (WOM) Communication to Student of Faculty of Economics and Business Universitas 17 Agustus 1945 (FEB UNTAG) Semarang. Sampling in this study using purposive sampling with distributing questionnaires distributed to 73 respondents last semester at the Faculty of Economics and Business University of 17 August 1945 (FEB UNTAG) Semarang. Data analysis technique used is Path Analysis and Mediation Test. The results of this study indicate that: 1). Quality of Education Service Service has positive and significant impact on student satisfaction, 2) Student Satisfaction has positive and insignificant effect on WOM Communication; 3) Quality of Education Service has positive and insignificant effect on WOM Communication and 4 ) Student Satisfaction is not proven to mediate the influence of Quality of Service Education Service to Communication WOM student FEB UNTAG Semarang. This shows that with the Quality of Service Education Service which is better able to increase Student Satisfaction
Keywords: Quality of Education Services; Satisfaction of Mahaiswa; Word Of Mouth Communication


Kata Kunci


Quality of Education Services; Satisfaction of Mahaiswa; Word Of Mouth Communication

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.56444/sa.v7i2.806

Article Metrics

Sari view : 470 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : 2302-2752 http://u.lipi.go.id/1346221190

Isi Naskah jurnal menjadi tanggung jawab penuh penulis yang bersangkutan

Dikelola oleh Penerbit Jurnal FEB UNTAG Semarang. Email: untag@untagsmg.ac.id atau jurnalsamac@gmail.com