PENGARUH SUPERVISI DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI UNTUK PENINGKATAN KINERJA GURU

Frans Sudirjo Frans Sudirjo

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh supervisi terhadap motivasi kerja,untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan terhadap motivasi kerja, untuk menganalisis pengaruh supervisi terhadap kinerja guru, untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja guru, untuk menganalisis pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru.

Populasi  dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai di SMP N 33 Semarang yang berjumlah 107 orang sampel yang dipergunakan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dengan cara pembagian kuesioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi dua tahap (Two Stage Least Square)(2 SLS).

Hasil dari penelitian ini adalah Supervisi berpengaruh positif terhadap Kinerja guru SMP N 33 Semarang, Kepemimpinan mempunyai pengaruh positif terhadap Kinerja guru SMP N33 Semarang, Motivasi kerja berpengaruh positif terhadap Kinerja guru SMP N33 Semarang, Tinggi rendahnya kinerja guru dapat dipengaruhi oleh supervisi, kepemimpinan, motivasi kerja. Dengan supervisi, kepemimpinan serta motivasi kerja yang tinggi, diharapkan dapat meningkatkan kinerja guru.

Kata Kunci


Supervisi, Kepemimpinan, Motivasi kerja, Kinerja Guru



DOI: http://dx.doi.org/10.56444/sa.v2i3.86

Article Metrics

Sari view : 1112 times
PDF (English) - 0 times PDF (English) - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : 2302-2752 http://u.lipi.go.id/1346221190

Isi Naskah jurnal menjadi tanggung jawab penuh penulis yang bersangkutan

Dikelola oleh Penerbit Jurnal FEB UNTAG Semarang. Email: untag@untagsmg.ac.id atau jurnalsamac@gmail.com