Meningkatkan Budaya Organisasi Dan Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pegawai Kecamatan Batang Kab.Batang)

Visi Hartati, Frans Sudirja

Sari


Kesuksesan dan kinerja instansi bisa dilihat dari kinerja yang telah dicapai oleh sebab itu instansi menuntut agar para pegawainya mampu  menampilkan kinerja yang optimal. Meningkatkan kinerja para pegawai perlu dillakukan supaya lebih optimal dalam bekerja dimana kinerja ditentukan juga oleh Budaya Organisasi, karakteristik individu dan komitmen organisasi. Fenomena atau masalah yang. teijadi pada saat ini, diantaranya pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang ada di Kecamatan Batang Kabupaten Batang, sebagian besar belum dapat diselesaikan tepat pada waktunya,hal ini akan berdampak pada kinerja organisasi. Penelitian ini mengambil obyek pada Kecamatan Batang Kabupaten Batang dengan menggunakan responden yaitu PNS di lingkungan Kecamatan Batang Kabupaten Batang yang masih aktifbekerja. Tujuan diadakannya penelitian ini :Untuk menganalisis pengaruh budaya organisasi dan karakteristik individu terhadap komitmen organisasi dan dampaknya pada kinerja pegawai pada Kecamatan Batang Kabupaten Batang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Kecamatan Batang Kabupaten Batangyaitu sebesar 68 pegawai. Penentuan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Sampel yang diambil sejumlah 68 pegawai. Analisis data menggunakan regresi linier berganda, uji t, koefisien determinasi dan analisis jalur.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara variabel budaya organisasi dan karakteristik individu terhadap komitmen organisasi. Hasil lainnya menuniukkan ada pengaruh positif dan signifikan antara budaya organisasi, karakteristik individu dan komitmen organisasi terhadap kinerja pegawai. Hasil uji efek mediasi menunjukkan bahwa komitmen organisasi rnampu memediasi pengaruh budaya organisasi dan karakteristik individu terhadap kinerja pegawai,

Kata Kunci :Budaya Organisasi, Karakteristik Individu, Komitmen Organisasi, Kinerja Pegawai

Kata Kunci


Budaya Organisasi, Karakteristik Individu, Komitmen Organisasi, Kinerja Pegawai

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : 2302-2752 http://u.lipi.go.id/1346221190

Isi Naskah jurnal menjadi tanggung jawab penuh penulis yang bersangkutan

Dikelola oleh Penerbit Jurnal UNTAG Semarang. Email: untag@untagsmg.ac.id