ANALISIS KAJIAN RAZIA GABUNGAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN DAN RUMAH TAHANAN NEGARA DI JAWA TENGAH

Priyo Hartanto

Sari


Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara sebagai tempat pembinaan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatannya memiliki tujuan untuk melakukan bimbingan agar Warga Binaannya dapat menyadari kesalahan, memperbaiki diri, dan tidak m engulangi tindak pidana sehingga dapat diterima kembali oleh lingkungan masyarakat. Untuk mencapai tujuan tersebut dan mencegah terjadinya pelanggaran dalam hal keamanan dan stabilitas kondisi Lembaga Pemasyarakatan perlu untuk dilakukannya tindakan razia gabungan atau pemeriksaan serentak antara Kementerian Hukum dan HAM, Polri, TNI, Badan Narkotika Nasional Kabupaten/Kota (BNNK), pada Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara di wilayah ]awa Tengah. Kegiatan razia gabungan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Fokus pemasalahan dalam penelitian ini yaitu dasar hukum, urgensi dan implikasi dari kegiatan razia gabungan di Lembaga Pemsyarakatan dan Rumah Tahanan N egara. Pene1itian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis urgensi dan implikasi kegiatan razia gabungan di Lembaga Pemasyarakatan dan rumah Tahanan Negara. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis empiris dengan menggunakan metode pendekatan kualititatif. Urgensi paling utama dari kegiatan razia gabungan yang dilakukan adalah untuk menciptakan kondisi keamanan dan ketertiban di Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara. Salah satu Implikasi dari kegiatan razia gabungan ini yaitu terciptanya suasana tertib dan aman di lingkungan Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara.


Kata Kunci


Di Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan, Gabungan Razia

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Pustaka yang berupa judul buku

Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Pedoman Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan (Satops Patnal Pas) Kementerian Hukum dan HAM Republik Inndonesia. 2020.

Heri Purnomo. “Razia Mendadak di Rutan Blora. lni Barang-barang yang Ditemukan”. jateng.inews.id (Blora, 6/4/2021), https://jateng.inews.id/berita/razia-mendadak-di-rutan-blora-ini-barang-barang-yang-ditemukan, diakses pada S Juni 2021.

Sukamara, Admin, Gelar Razia Rutin, Lapas Sukamara Terus Tingkatkan Keamanan. diakses di http: //1apassukamara.kemenkumham.go.id/berita-utama/gelar-razia-rutin-lapas-sukamara-terus-tingkatkan-keamanan, pada 29 M ei 2021 puk ul 16.21 Wl B.

Syahdiyar, M u hammad. “Darurat Peraturan Tentang Gangguan Keamanan Dan Ketertiban Di Dalam Lembaga Pemasyarakatan.” Jurnal Hukum Samudra Keadilan 1S.1 (2020): 99-111.

Pustaka yang berupa Peraturan Perundang-U ndangan


Article Metrics

Sari view : 12 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Publishing Office :




Creative Commons License
View Jurnal JURISTIC Stats