TANTANGAN PANCASILA TERHADAP BUDAYA GENERASI MUDA DI ERA GLOBALISASI

Ratna Widyaningrum

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran bagaimana tantangan Pancasila terhadap  budaya generasi muda di era globalisasi. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian yuridis normatif. Teknik pengumpulan data utama dengan cara menelaah teori-teori, konsep-konsep, asas-asas hukum serta peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan penelitian ini.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa generasi muda Indonesia saat ini cenderung mengikuti budaya barat sehingga peran orang tua sangat diperlukan dalam menanamkan sikap nasionalisme pada anak meliputi melaksanakan peran sebagai pendidik, panutan, pendamping dan pendorong dengan menanamkan nilai-nilai nasionalisme. Harapannya dengan ditanamkan rasa nasionalisme sejak dini dimulai dari keluarga, nilai-nilai luhur Pancasila dapat mendarah daging pada setiap diri generasi muda Indonesia sehingga Pancasila dapt dijadikan sebagai pedoman hidup bangsa.


Kata Kunci


Budaya ; Generasi muda ; Globalisasi ; nasionalisme; Nilai-nilai Pancasila.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ali Santoso, Heri., Surono., Sarasehan Nasional, A. S. (2010). Nasionalisme dan pembangunan karakter bangsa. PSP Press.

Darmawan. (2018). Revitalisasi Pancasila Sebagai Pedoman Hidup Bermasyarakat di Era Globalisasi.

Heryansyah Ginting. (2017). Peranan Pancasila Dalam Menumbuhkan Karakter Bangsa Pada Generasi Muda Di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 1(1), 198.

Irmania, E., Trisiana, A., & Salsabila, C. (2021). Upaya mengatasi pengaruh negatif budaya asing terhadap generasi muda di Indonesia. Dinamika Sosial Budaya, 23(1), 148–160.

Mahfud MD., Taufiq Ismail, & Et, A. (2012). Prosiding Kongres Pancasila IV. Srategi Pelembagaan Nilai-nilai Pancasila dalam Menegakkan Konstitusionalitas Indonesia (IV). Pusat Studi Pancasila UGM.

Prof. Dr. H. Kaelan, M.S, Drs H. Achmad Zubaidi, M. S. (2011). Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi. Paradigma yogyakarta.

Riyanto, J., & Baliyanto, L. (2017). Pemantapan Nilai-Nilai Pancasila kepada Generasi Muda sebagai Jati Diri Bangsa yang Sejati. Wira: Media Informasi Kementerian Pertahanan, 68, 1–74.

Samodro, T. A. (2020). Tinjauan yuridis terhadap tindak pidana perusakan fasilitas umum. Intensi Remaja Melakukan Perusakan Fasilitas Umum Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua.

Sirais, E. S. H., & Adi, A. S. (2019). Peran Orang Tua Dalam Menanamkasn Sikap Nasionalisme Pada Anak Di Kampung Lawas Maspati Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 07(02), 1068–1085.

Yudistira. (2016). Aktualisasi & Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Menumbuhkan Kembangkan Karakter Bangsa. Seminar Nasional Hukum, 2(1), 421–436.




DOI: http://dx.doi.org/10.35973/jrs.v2i03.2724

Article Metrics

Sari view : 4225 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Publishing Office :


Terindeks :





Creative Commons License
View Jurnal JURISTIC Stats