PERAN PEMERINTAH DALAM KENAIKAN AKREDITASI RUMAH SAKIT BERPENGARUH PADA MUTU PELAYANAN
Sari
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2020 Tentang Akreditasi Rumah Sakit Pasal 1 Ayat 1 Akreditasi Rumah Sakit yang selanjutnya disebut Akreditasi adalah pengakuan terhadap mutu pelayanan Rumah Sakit, setelah dilakukan penilaian bahwa Rumah Sakit telah memenuhi Standar Akreditasi. Akreditasi Rumah Sakit tetap dibutuhkan karena bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan Rumah Sakit dalam bidang kesehatan. Dijelaskan dalam Permenkes Nomor 12 Tahun 2020 Tentang Akreditasi Rumah Sakit Pasal 3 Ayat 2 kenaikan akreditasi Rumah Sakit dilakukan setiap 4 tahun sekali pada saat Akreditasi tersebut habis masa berlakunya. Komponen-komponen mutu yang berpengaruh dalam kenakan akreditasi Rumah Sakit adalah sumber daya manusia, anggaran, pengawasan, sosialisasi akreditasi dan SOP maka akreditasi rumah sakit tidak akan turun bahkan bisa cepat mengalami peningkatan akreditasi. Rumusan masalah membahas tentang bagaimana peran pemerintah dalam kenaikan akreditasi rumah sakit berpengaruh pada mutu pelayanan, Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran pemerintah dalam kenaikan akreditasi rumah sakit berpengaruh pada mutu pelayanan. Metode penelitian yang di gunakan yaitu normative. Pemerintah juga sangat berperan dalam peningkatan akreditasi ini seperti membantu dalam fasilitas, perubahan regulasi yang mengarah ke lebih baik. Saran yang dapat dilakukan adalah pemerintah harus segera menjalankan peran-perannya tersebut agar Rumah Sakit di Indonesia dapat maju dalam pelayanan kesehatannya sehingga masyarakat dapat menikmati pelayanan dengan nyaman.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adventus, Jaya, I. M. M., & Mahendra, D. (2019). Buku Ajar Promosi Kesehatan. In Program Studi Diploma Tiga Keperawatan Fakultas Vokasi UKI. Program Studi Diploma Tiga Keperawatan Fakultas Vokasi UKI.
Amin, Y. (2017). Bahan Ajar Teknologi Laboratorium Medis (TLM) Etika Profesi Dan Hukum Kesehatan. In Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan (Vol. 7, Issue 1). Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan.
https://www.researchgate.net/publication/269107473_What_is_governance/link/548173090cf22525dcb61443/download%0Ahttp://www.econ.upf.edu/~reynal/Civilwars_12December2010.pdf%0Ahttps://think-asia.org/handle/11540/8282%0Ahttps://www.jstor.org/stable/41857625
Anrian. M. (2019). Strategi Peningkatan Status Akreditasi Rumah Sakit Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Kepulauan Meranti. Jom Fisip, 2(2), 6–8. https://media.neliti.com/media/publications/32457-ID-strategi-peningkatan-status-akreditasi-rumah-sakit-di-rumah-sakit-umum-daerah-rs.pdf
Cahyanti, A. N., & Purnama, B. E. (2021). Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas Pakis Baru Nawangan. Speed Journal – Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 4(4), 17–21. https://doi.org/10.3112/SPEED.V4I4.893
Hendroyogi, S. R., & Harsono, M. (2017). Keterkaitan Antara Persepsi Pentingnya Akreditasi Rumah Sakit Dengan Partisipasi, Komitmen, Kepuasan Kerja, Dan Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen Dayasaing, 18(2), 122. https://doi.org/10.23917/dayasaing.v18i2.4509
Mandawati, M., Fu’adi, M. J., & Jaelan, J. (2018). Dampak Akreditasi Rumah Sakit: Studi Kualitatif Terhadap Perawat Di RSUD KRT Setjonegoro Wonosobo. Nurscope : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Ilmiah Keperawatan, 4(4), 23.
https://doi.org/10.30659/nurscope.4.1.23-29
Manurung, J., Novela, V., Ulfiana, Q., Simamora, J. P., Argaheni, N. B., Sianturi, E., Saeni, R. H., & Lakhmudien. (2021). Kebijakan dan Manajemen Pelayanan Kesehatan (J. Simarmata (ed.); Issue September). Yayasan Kita Menulis. kitamenulis.id
Munthe, A. P. R. F. (2019). Meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit sesuai Dengan Akreditasi Di Rumah Sakit. 159, https://manajemenrumahsakit.net/2019/06/meningkatk. https://manajemenrumahsakit.net/2019/06/meningkatkan-mutu-pelayanan-rumah-sakit-dengan-akreditasi/
Nasution, J. (2018). Strategi Peningkatan Mutu Pelayanan Di Rumah Sakit Umum Padangsidimpuan. At-Tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis Islam, 4(1), 68–81.
Putri, A. (2017). Kesiapan Sumber Daya Manusia Kesehatan dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit 10.18196/Jmmr.2016, 6(1), 55–60. https://doi.org/10.18196/jmmr.6127
Sari, K. J. (2019). Dampak Positif Akreditasi Rumah Sakit. 1–6.
Sari, R. S., & Fatihah, D. C. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 5(2), 124–135. https://doi.org/10.32424/jeba.v21i4.1538
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.12 Tahun 2020 Tentang Akreditasi Rumah Sakit, Pub. L. No. PERMENKES RI No.12 Tahun 2020, 4 1 (2020).
https://pesquisa.bvsalud.org/portal/resource/en/mdl20203177951%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0887-9%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0884 z%0Ahttps://doi.org/10.1080/13669877.2020.1758193%0Ahttp://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article
Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit, 26 551 (2009).
UU RI No. 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan, Pub. L. No. UU RI No. 36 Tahun 2009, 5 12 (2009).
http://downloads.esri.com/archydro/archydro/Doc/Overview of Arc Hydroterrainpreprocessingworkflows.pdf%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.jhydrol.2017.11.003%0Ahttp://sites.tufts.edu/gis/files/2013/11/Watershed-and Drainage-Delineation-by-Pour-Point.pdf%0Awww
DOI: http://dx.doi.org/10.56444/jrs.v3i03.3435
Article Metrics
Sari view : 1413 timesPDF - 0 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Publishing Office :
Terindeks :
View Jurnal JURISTIC Stats