PENGARUH PERKEMBANGAN WARALABA USAHA MINIMARKET TERHADAP PERKEMBANGAN PASAR TRADISIONAL

Sri Retno Widyorini

Abstract


Peningkatan pembangunan di bidang ekonomi berdampak positif pada perkembangan di bidang perdagangan, salah satunya adalah menjamurnya usaha mini market khususnya di wilayah perkotaan dan bahkan kini sudah merambah ke wilayah pinggiran perkotaan. Derasnya arus globalisasi memicu pergeseran gaya hidup sebagian besar masyarakat khususnya generasi muda untuk tidak lagi memilih pasar tradisional sebagai tempat belanja, mereka lebih memilih belanja di minimarket seperti Indomart, alfamart dll yang membelikan fasilitas dan metode pelayanan yang lebih menarik dibandingkan pasar tradisional. Model manajemen yang dipakai oleh usaha mini market adalah waralaba atau Franchise, hal dapat dilihat mulai dari tempat usaha yang mempunyai ciri baik wama dan design yang sama sampai dengan penataan barang dan bahkan seragam dari karyawan yang melayani pembeli. Berkembangnya usaha mini market dengan model waralaba ini sangat berpengaruh signifikan terhadap kurang perkembangan pasar tradisional jika tidak ada pengaturan dari pemerintah sebagai pengambil kebijakan, terutama untuk ijin pendiriannya. Pembatasan jumlah dengan radius yang jelas akan dapat melindungi keberlangsungan dari pasar tradisional, di samping juga perlunya pembinaan terhadap pengembangan pasar tradisional sehingga antara pasar modern seperti mini market dan pasar tradisional akan dapat berjalan dan berkembang secara seimbang.


Keywords


Waralaba, Pasar Tradisional



DOI: http://dx.doi.org/10.35973/sh.v14i1.1101

Article Metrics

Abstract view : 2040 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.







Copyright of Jurnal Spektrum hukum
Creative Commons License