PENERAPAN PRINSIP KEHATI-HATIAN MELALUI PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI DEBITOR (SID) DALAM PEMBERIAN KREDIT DI BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR)

Hana Tria Sefiyanti

Abstract


Laporan Debitur dalam Sistem Informasi Debitur (SID) merupakan laporan yang berisi informasi lengkap mengenai keadaan debitur. Laporan ini dimaksudkan untuk membentuk data induk debitur secara nasional yang dipergunakan untuk membantu Bank Pelapor dalam memperlancar proses penyediaan dana, mempermudah penerapan menejemen risiko, membantu bank dalam melakukan identifikasi kualitas debitur untuk pemenuhan ketentuan yang berlaku. Namun dalam pelaksanaannya Sistem Informasi Debitur (SID) juga terdapat kendala, kendala tersebut dapat berasal dari intern dan ekstem. Faktor intern yang menjadi kendala yaitu sumber daya manusia (SDM) petugas masih mengalami kesulitan dalam pengisian form dalam Sistem Informasi Debitur (SID). Faktor ekstem yang menjadi kendala berkaitan dengan Sistem Informasi Debitur (SID) yaitu gagalnya validasi, ekspor impor data, dan ketidak lengkapan data debitur yang dimiliki, dalam aplikasi Sistem Informasi Debitur (SID).


Keywords


Sistem Informasi Debitur (SID), pemberian kredit



DOI: http://dx.doi.org/10.35973/sh.v13i1.1140

Article Metrics

Abstract view : 368 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.







Copyright of Jurnal Spektrum hukum
Creative Commons License