PEMBUATAN BIODIESEL DARI AMPAS KELAPA DENGAN METODE TRANSESTERIFIKASI IN-SITU DAN KATALIS KALIUM HIDROKSIDA (KOH)

Nur Kholishah, Sri Mulyaningsih, Rudi Firyanto

Sari


Biodiesel merupakan bahan bakar alternative pengganti minyak diesel berbasis fosil. Salah satu tumbuhan yang dapat dijadikan bahan baku pembuatan biodiesel adalah ampas kelapa. Kandungan minyak di dalam ampas kelapa berkisar 12,2-15,9% sehingga merupakan potensi yang besar untuk digunakan sebagai bahan baku pembuatan biodiesel.  Pemanfaatan ampas kelapa selama ini sebagian besar untuk pakan ternak. Pemanfaatan limbah kelapa untuk pembuatan biodiesel diharapkan dapat meningkatkan nilai ekonomisnya. Proses produksi biodiesel dilakukan dengan transesterifikasi in-situ menggunakan methanol sebagai pelarut dan kalium hidroksida sebagai katalis. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menentukan variabel yang paling berpengaruh dan kondisi maksimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendemen biodiesel tertinggi adalah sebesar 97,03% dengan variabel yang paling berpengaruh adalah konsentrasi katalis dan hasil kondisi terbaik pada konsentrasi katalis 2%,waktu transesterifikasi in-situ 7 jam dan suhu transesterifikasi in-situ 600C. hasil pengujian mutu bodiesel dari hasil penelitian ini adalah densitas874 kg/m3, angka asam 1,9 mg-KOH/gr dan viskositas kinematic 2,9 mm2/s. Hasil tersebut belum memenuhi standar mutu nasional yang ditetapkan untuk bahan bakar biodiesel.


Kata Kunci


ampas kelapa; biodiesel; transesterifikasi in-situ

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Markopala, P. 2007. Studi Efektivitas Transesterifikasi In Situ Pada Ampas Kelapa (Cocos nurifera) untuk Produksi Biodiesel. [Tesis]. Bandung. Institut Teknologi Bandung.

Anshary, M. I., Damayanti, O., & Roesyadi, A. (2012). Pembuatan Biodiesel Dari Minyak Kelapa Sawit Dengan Katalis Padat Berpromotor Ganda Dalam Reaktor Fixed Bed. Jurnal Teknik Pomits, I(1),1-4.

Mahlinda, M., Meuthia B. 2017. Transesterifikasi In Situ Biji Kemir (Aleurites moluccana L) Menggunakan Metanol daur ulang dengan Bantuan Gelombang Ultrasonik. AGRITECH, Vol. 37, No. 3.

Hikmah, Maharani Nurul., & Zuliyana. 2010. “Pembuatan Metil Ester (Biodiesel) dari Minyak Dedak dan Metanol dengan Proses Esterifikasi dan Transesterifikasi”. Semarang: Universitas Diponegoro

Widi, Nur Kusumaningtyas. 2011. Proses Esterifikasi Transesterifikasi In-situ Minyak Sawit Dalam Tanah Pemucat Bekas Untuk Proses Produksi Biodiesel. [Skripsi]. Bogor. Institut Pertanian Bogor.

Holilah, Utami TP, dan Prasetyoko D. 2013. Sintesis dan Karakterisasi Biodiesel dari Minyak Kemiri Sunan (Reutealis trisperma) dengan Variasi Konsentrasi Katalis NaOH. Jurnal MIPA.36(1):51-59




DOI: http://dx.doi.org/10.56444/cjce.v2i2.1842

Article Metrics

Sari view : 1277 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.