Penurunan TDS pada air sungai menggunakan tongkol jagung sebagai adsorben

marcellina evva widyastuti

Sari


Tongkol jagung memiliki komponen penyusun yaitu lignoselulosa yang terdiri dari lignin, selulosa dan hemiselulosa yang mengindikasikan adanya kandungan karbon yang cukup tinggi pada tongkol jagung sehingga berpotensi dimanfaatkan sebagai karbon aktif. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memanfaatkan limbah tongkol jagung, mengetahui pengaruh variabel (konsentrasi aktivator, ukuran arang, lama proses adsorbsi) dan mengetahui kondisi optimum dari variabel yang paling berpengaruh. Metode yang digunakan Experimental Design dengan metode Factorial Design Dua LevelĀ  dengan variabel berubah yaitu konsentrasi aktivator 1 & 2 M, ukuran arang 60-80 mesh dan 120-140 mesh, lama proses adsorbsi 1&2 jam. Hasil dari penelitian dapat diketahui bahwa variabel yang paling berpengaruh adalah waktu pengadukan adsorbsi dengan kondisi optimum pada percobaan menggunakan konsentrasi aktivator 2 M, ukuran arang 120-140 mesh waktu pengadukan 2 jam menghasilkan penurunan TDS dari 431 menjadi 289 dengan persentase 32,95%.

Kata Kunci


Adsorbsi; Tongkol Jagung; Total Padatan Terlarut

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Azwar, A. 1990. Pengantar Ilmu Kesehatan Lingkungan. Jakarta: Mutiara Sumber Widya.

Ilato, R., Bahua, M.I., 2014, Analisis Rantai Komoditas Jagung serta Strategi Peningkatan Pendapatan Petani Jagung di Provinsi Gorontalo, Penelitian Prioritas Nasional Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia 2012-2025, Universitas Negeri Gorontalo.

Suryani, A.M., 2009, Pemanfaatan Tongkol Jagung untuk Pembuatan Arang Aktif sebagai Adsorben Pemurnian Minyak Goreng Bekas, Skripsi diterbitkan, Departemen Kimia, Institut Pertanian Bogor, Bogor

Sarwadi dan Ardian Putra. (2014). Pengaruh Konsentrasi Arang Ampas Tebu Terhadap Daya Serapnya Pada Limbah Cair Kelapa Sawit. Jurnal Fisika Unand Vol. 3 No. 3 ,Padang.

Permenkes. (2010). Persyaratan Kualitas Air Minum. Nomor 492/Menkes/Per/IV. Jakarta.

Cheremisinof, N. P. 2000. Adsorption Handbook of Chemical Processing Equipment. Butterworth-Heinemann Publisher. Woburn

Rosyidah, Halimantur. (2008). Studi Kinetika Adsorpsi Merkuri (II) pada Biomassa Daun Enceng Gondok (Elichhornia Crassipes) yang Diimobilisasi Matriks Polisilikat. Universitas Islam Negeri Malang.

Braddy, James. 1999. Kimia Untuk Universitas. Jakarta: Erlangga.

Nugroho, Wahyu dan Setyo Purwoto. 2013. Removal Klorida, TDS dan Besi Pada Air Payau Melalui Penukar Ion dan Filtrasi Campuran Zeolit Aktif dengan Karbon Aktif. Urnal Teknik Waktu Volume 11 Nomor 01.




DOI: http://dx.doi.org/10.56444/cjce.v2i1.1893

Article Metrics

Sari view : 742 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.