Pengambilan Pektin dari Kulit Jeruk Bali (Citrus Maxima) dengan Cara Ekstraksi

Saadatur Rofiah, Sri Mulyaningsih, Ahmad Shobib

Sari


Abstrak

 

Limbah kulih jeruk bali belum dimanfaatkan dengan baik, sehingga hal ini menjadi fokus untuk dilakukan pengolahan selanjutnya. Kulit jeruk bali mengandung pektin dalam konsentrasi tinggi. Dalam penelitian ini pektin diambil dengan cara ekstraksi agar terjadi perubahan senyawa pektin yang disebabkan oleh proses hidrolisis protopektin menggunakan pelarut/solven asam, solven yang dipilih adalah HCl. Dalam melakukan penetapan variabel, ada variabel tetap dan variabel berubah yang bertujuan untuk mengetahui variabel yang paling berpengaruh dan kondisi optimum pengambilan pektin dari kulit jeruk bali dengan cara ekstraksi. Pektin yang dihasilkan dari ekstraksi ini diharapkan dapat memenuhi standar IPPA (International Pectin Producers Association). Percobaan dilakukan dengan menggunakan kulit jeruk bali yang sudah kering dan berbentuk serbuk berukuran 50 mesh, kemudian menambahkan solven HCl sesuai rancangan percobaan. Larutan hasil ekstraksi kemudian disaring untuk memisahkan ampas dan filtrat. Filtrat kemudian ditambahkan ethanol. Setelah tercampur merata, filtrat didiamkan hingga terbentuk endapan, kemudian disaring dan dikeringkan dalam oven. Pektin kering ditimbang beratnya dan dianalisis kadar metoksil dan galakturonatnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel yang paling berpengaruh adalah suhu, dengan kondisi optimum pada suhu 80oC, konsentrasi solven HCl 0,2 N dan waktu ekstraksi adalah 120 menit menghasilkan presentase yield sebesar 96,88%. Hasil analisa pektin dari penelitian ini yaitu kadar metoksilnya 4,39% dan kadar galakturonatnya 44% sehingga pektin yang dihasilkan dari penelitian ini sesuai dengan standar mutu IPPA.


Kata Kunci


pektin; ekstraksi; kulit jeruk bali.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Suhendra, Herry. 2013. Buah Lokal: Pamelo, Jeruk Asli Indonesia yang Terabaikan. http://industri.bisnis.com/read/20130710/99/149975/buahlokal- pamelo-jeruk-asli-indonesia-yang-terabaikan. WIDYA TEKNIK Vol. 6 No. 1, 2007 (1-10).

Diah, Restu Widiastuti. 2015. Ekstraksi Pektin Kulit Jeruk Bali dengan Mocrowave Assisted Extraction dan Aplikasinya sebagai Edible Film. Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang.

Jariyah, Rosida., dan Widjayanti, D. 2007. Pembuatan Marmalade Jeruk Bali (Kajian Proposi Daging Buah : Albedo) Dan Penambahan Sukrosa. Skripsi. FTI UPN “Veteran”. Jawa Timur.

Sirotek, K., L. Slovanka, J. Kopency, and M. Marounek. 2004. Fermentation of Pectin and Glucose, and Activity of Pectin Degrading Enzymes in The Rabbit Caeca Bacterium Bacterides Caccae. Latters Applied Microbiology 38 :327-332.

Hanum, Farida dkk. 2012. Ekstraksi Pektin Dari Kulit Buah Pisang Kepok (Musa Paradisiaca). Medan: Universitas Sumatera Utara. Pengolahan Jeruk Pontianak (Citrus Nobilis Var Microcarpa). Bogor.

Perina, Irene dkk. 2007. Ekstraksi Pektin Dari Berbagai Macam Kulit Jeruk. Jurnal Widya Teknik. Vol 6(1):1-10.

Meyer, Lilian Hoagland. 1978. Food Chemistry. Japan: Reinhold Publishing Corporation.




DOI: http://dx.doi.org/10.56444/cjce.v2i1.2221

Article Metrics

Sari view : 2339 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.