Pengaruh Dimensi Kecerdesan Emosional Mahasiswa Akuntansi Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi
Abstract
Abstrak
Proses belajar mengajar dalam berbagai aspeknya sangat berkaitan dengan kecerdasan emosional mahasiswa. Kecerdasan emosional ini mampu melatih kemampuan mahasiswa tersebut, yaitu kemampuan untuk mengelola perasaannya, kemampuan untuk memotivasi dirinya, kesanggupan untuk tegar dalam menghadapi frustasi, kesanggupan mengendalikan dorongan dan menunda kepuasan sesaat, mengatur suasana hati yang reaktif, serta mampu berempati dan bekerja sama dengan orang lain. Kemampuan-kemampuan ini mendukung seorang mahasiswa dalam mencapai tujuan dan citacitanya. ujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi.Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi semeter akhir Fakultas Ekonomi UNTAG Semarang sebanyak 56. Pengambilan sampel menggunakan metode sensus , jumalah sampel sebanyak 50. Data diperoleh melalui metode kuesioner dengan skala likert, yang diadopsi dari Trisnawati (2003). Analisis data menggunakan metode analisis linier berganda. Data diolah dengan bantuan software SPSS 15.Berdasarkan hasilnya, dari lima hipotesis yang dikemukakan, hipotesis 1 , 2, 3 dan 4 diterima yang menyatakan bahwa pengenalan diri (P-value sebesar 0,020), pengendalian diri (P-value sebesar 0,047), motivasi (P-value sebesar 0,026 ) dan empati (P-value sebesar 0,042 ) berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa. Sedangkan hipotesis 5 ditolak artinya ketrampilan sosial tidak bepengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi (P-value sebesar 0,081).
Kata Kunci : Kecerdasan emosional (EQ), Tingkat Pemahaman Akuntansi, pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati, dan ketrampilan sosial
Abstract
Teaching and learning process in many aspects closely related to emotional intelligence of students. Emotional intelligence is able to train the students' ability, the ability to manage their feelings, the ability to motivate himself, ability to toughen up in the face of frustration, the ability to control impulses and delay gratification, regulate mood reactive, and able to empathize and cooperate with others . These capabilities support a student in achieving the goals and ideals. The purpose of this study was to determine the effect of emotional intelligence on the level of understanding of accounting.The population in this research is meter final accounting students of the Faculty of Economics UNTAG Semarang as many as 56. Census sampling method, sample jumalah 50. Data obtained through the questionnaire with Likert method, adopted from Trisnawati (2003). Analysis of the data using linear regression analysis method. Data processed with software SPSS 15.Based on the results, of the five proposed hypotheses, hypotheses 1, 2, 3 and 4 received stating that the introduction of self (P-value of 0.020), self-control (P-value of 0.047), motivation (P-value of 0.026) and empathy (P-value of 0.042) effect on the level of understanding of accounting students. While the hypothesis is rejected 5 bepengaruh means no social skills to the level of understanding of accounting (P-value of 0.081).
Keywords : Emotional intelligence (EQ), Level Understanding of Accounting, introductionself, self-control, motivation, empathy and social skills
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.24856/mem.v27i1.201
Article Metrics
Abstract view : 654 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Media Ekonomi dan Manajemen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.