Pengaruh Antrian Dan Informasi Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Jasa Marga (Persero) Tbk, Cabang Semarang

Sugeng Wardoyo Suparmi

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antrian dan informasi kepuasan pelanggan pada PT. Jasa Marga (Persero) Tbk, populasi branch.The Semarang dalam penelitian ini adalah seluruh jalan tol pengguna jasa PT. Jasa Marga (Persero) Tbk, cabang Semarang yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Jadi jumlah sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah random sampling.
Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah untuk menguji validitas, uji reliabilitas, regresi berganda, asumsi klasik, pengujian hipotesis, dan koefisien determination.Based hasil penelitian dapat disimpulkan, ada pengaruh positif dan signifikan antara kepuasan kepada kepuasan pelanggan,
hal ini terbukti dari persamaan garis regresi Y = 5,908 + 0,317 X1 + 0,500 X2 + e, dengan koefisien regresi b1 = 0,317 dan hipotesis ini didukung oleh hasil yang menunjukkan bahwa t (5.260)> t tabel (1,984) pada α = 0,05, berarti antrian baik maka meningkatkan kepuasan pelanggan. Ada dampak positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan di antara informasi, hal ini terbukti dari persamaan garis regresi Y = 5,908 + 0,317 X1 + 0,500 X2 + e, dengan koefisien regresi b2 = 0, 500 dan mendukung hipotesis bahwa hasil menunjukkan bahwa t (6,392)> t tabel (1,984) pada α = 0,05, yang berarti bahwa
informasi semakin baik meningkatkan kepuasan pelanggan


Kata kunci : Antrian, Informasi, Kepuasan Pelanggan


Abstract
This study aimed to determine the effect of queuing and customer satisfaction information on PT. Jasa Marga (Persero) Tbk, Semarang branch.The population in this study are all toll road user services PT. Jasa Marga (Persero) Tbk, Semarang branch whose number is not known for certain. So the number
of samples that will be used in this research is 100 respondents. Sampling techniques performed in this study is random sampling. Tools of data analysis used in this study is to test the validity, reliability testing, multiple regression, the classical assumption, hypothesis testing, and the coefficient of determination.Based on the results of this study concluded; There is a positive and significant effect between satisfaction to customer satisfaction, it is evident from the regression line equation Y = 5.908 + 0.317 X1 + 0.500 X2 + e, with a regression coefficient b1 = 0.317 and the hypothesis is supported by the
results showing that t (5,260)> t table (1.984) at α = 0.05, mean better queue then increasing customer satisfaction. There is a positive and significant impact on customer satisfaction among information, it is evident from the regression line equation Y = 5.908 + 0.317 X1 + 0.500 X2 + e, with a regression coefficient b2 = 0, 500 and supported the hypothesis that the results indicate that the t (6.392 )> t table (1.984) at α = 0.05, meaning that the more information the better increase customer satisfaction


Keywords : Queue, Information, Customer Satisfaction





DOI: http://dx.doi.org/10.24856/mem.v28i2.210

Article Metrics

Abstract view : 805 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Media Ekonomi dan Manajemen




View My Stats

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.