Analisis Persepsi Dan Sikap Individu Untuk Memilih Produk Hijab

Chandra Suparno

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemahaman mahasiswi terhadap produk hijab dan memahami faktor-faktor penentu yang dipakai oleh mereka dalam memilih produk hijab. Berbeda dengan penelitian di sektor halal sebelumnya yang berfokus kepada sektor makanan halal, dalam penelitian ini isu yang diangkat adalah halal fashion.  Responden yang dijadikan partisipan dalam penelitian ini berasal dari kalangan mahasiswi muslim sebanyak 20 orang yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama terdiri dari 10 mahasiswi muslim yang aktif di organisasi kerohanian Islam kampus sedangkan sisanya merupakan mahasiswi muslim non-organisasi. Dengan menggunakan metode Focus Group Interviews, terungkap bahwa mahasiwi yang terlibat sebagai anggota di unit kerohanian islam kampus cenderung lebih memahami product knowledge tentang hijab syar’i daripada mahasiswi yang tidak. Selain itu, terungkap pula bahwa faktor standar ke-syar’i-an, model, ukuran, kenyamanan, dan harga, menjadi faktor penentu yang digunakan oleh mahasiswi dalam memutuskan untuk membeli hijab.

 

Kata Kunci: Halal, Hijab, Persepsi Indivividu

 

Abstract

 

This research aims to initiate the study regarding  the topic of hijab in the realm of consumer behavior. Particularly, it seeks to reveal how female moslem students in university perceive hijab concept and to understand what factors determine their hijab purchasing decision. Focus group interview was chosen and the participants which were involved in this study were 20 moslem female students wich were separated into two groups. The first group consisted of 10 moslem student-activists, while the second one were 10 moslem non-activists student. The result of the study reveals that the female students which are involved in Moslem Student Assembly tend to be more knowledgeable about shar’e hijab rather than those who do not involve. Furthermore, factors of shariah-compliance standard, design, size, comfort, and price were disclosed as determinant of purchasing decision of hijab which are usually used by the students.


Keywords:
Halal,Hijab, Individual Perception 




DOI: http://dx.doi.org/10.24856/mem.v31i1.284

Article Metrics

Abstract view : 708 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Media Ekonomi dan Manajemen




View My Stats

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.