Analisis Kapabilitas Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Bisnis Ukm Dengan Orientasi Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi pada UKM Sektor Manufaktur di Wilayah Solo Raya)

Ahmad Sidiq, Erni Puji Astutik

Abstract


Abstaksi

Penelitian ini menguji pengaruh kapabilitas teknologi informasi terhadap kinerja bisnis UKM dengan orientasi pelanggan berperan sebagai mediasi dari hubungan keduanya. Kinerja bisnis UKM yang baik akan memperkuat eksistensi UKM dalam pasar domestik dan meningkatkan kemampuan bersaing secara imbang dalam pasar internasional. Populasi penelitian ini adalah UKM sektor manufaktur di wilayah Solo Raya sebanyak 505 perusahaan dengan sampel 120 UKM. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling dengan data primer yang bersumber dari pemilik UKM yang mengetahui kondisi penggunaan teknologi informasi dan orientasi pelanggan dalam perusahaan. Metode yang digunakan untuk menganalisa data adalah model persamaan struktural (SEM) dengan bantuan Partial Least Square (PLS). Hasil analisis data menunjukkan kinerja bisnis dapat dijelaskan oleh kapabilitas tehnologi informasi dan orientasi pelanggan sebesar 54%. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan kapabilitas teknologi informasi berpengaruh positif pada orientasi pelanggan dan kinerja bisnis. Selain itu orientasi pelanggan berpengaruh pada kinerja. Adapun orientasi pelanggan dapat berperan sebagai mediasi dalam hubungan antara kapabilitas teknologi informasi dan kinerja bisnis. 

Kata Kunci : Kapabilitas Teknologi Informasi, Orientasi Pelanggan, Kinerja Bisnis

 

Abstract

 

This study examines the effect of information technology capabilities on the performance of the SME business with customer orientation serves as the mediation of the relationship between information technology capabilities and business performance. SME business performance that will either reinforce the existence of SMEs in the domestic market and increase the ability to compete in balance in the international market. The study population was in the manufacturing sector in the region of Solo Raya as 505 companies with a sample of 120 SMEs. The sampling technique used is the probability sampling with primary data sourced from small business owners who know the conditions of the use of information technology and customer orientation within the company. The method used to analyze the data is structural equation modeling (SEM) with the help of Partial Least Square (PLS). The result showed business performance can be explained by the capabilities of information technology and customer orientation by 54%. Hypothesis testing results showed the capabilities of information technology has positive effect on customer orientation and business performance. Besides customer orientation effect on performance. The customer orientation can serve as mediating in the relationship between information technology capabilities and business performance.

Key Words: Capability of Information Technology, Customer Orientation, Business Performance




DOI: http://dx.doi.org/10.24856/mem.v32i1.467

Article Metrics

Abstract view : 1154 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Media Ekonomi dan Manajemen



View My Stats

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.