Upaya Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (Studi Kasus Di Kabupaten Blora)

Tri Widayati

Sari


 

ABSTRACT

 

The increase in revenue is a phenomenon that appears in almost all regencies / cities in Indonesia after decentralization. Various attempts were made by the respective District / City to find the source of opportunities for revenue enhancement efforts in general ini. General condition in Blora indicates a source of revenue that has been effective, but there are also some that have not been effective.

Problems that arise in the financial management of this area is still weak surveillance systems and human resources are limited there are still some Registration charges that the manual so that the data is often lost and is often not clear. Potential leak large enough in levies withdrawal. Less painstaking officer in retribution for withdrawing the levy rates are set very low, eg market services This should be done by the district in an effort to increase revenue Blora is the revamping of existing legislation, including that there is no legal umbrella for example tax bracket c excavation, technological improvements , data collection all the taxpayer money and increased monitoring.

 

Key word: PAD, Effectiveness

 

 

ABSTRAK

 

Peningkatan PAD menjadi sebuah fenomena yang muncul di hampir seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia setelah era otonomi daerah. Berbagai upaya dilakukan oleh masing-masing Pemerintah Kabupaten/Kota untuk mencari sumber peluang untuk upaya peningkatan PAD ini. Kondisi secara umum di Kabupaten Blora menunjukkan adanya sumber penerimaan yang sudah efektif, namun ada juga beberapa yang belum efektif.

Permasalahan yang biasa muncul dalam pengelolaan keuangan daerah ini adalah masih lemahnya sistem pengawasan dan sumber daya manusia yang terbatas Pencatatan retribusi masih ada beberapa yang manual sehingga data sering hilang dan sering tidak jelas. Potensi kebocoran yang cukup besar dalam penarikan retribusi daerah. Petugas kurang telaten dalam melakukan penarikan retribusi karena tarif retribusi yang ditetapkan sangat rendah, misal pelayanan pasar. Hal yang harus dilakukan oleh pemerintah kabupaten Blora dalam upaya peningkatan PAD adalah dengan pembenahan Perda yang ada, termasuk yang belum ada payung hukumnya misalnya pajak galian golongan c, perbaikan teknologi, pendataan uang semua wajib pajak dan peningkatan monitoring.

 

Kata Kunci : PAD, Efektifitas


Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari view : 2745 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.