Pengaruh Kebutuhan Akan Prestasi, Kebutuhan Afiliasi, Kebutuhan Dominasi Dan Kebutuhan Otonomi Terhadap Kesuksesan Entrepreneur Wanita Di Kota Semarang

Galuh Juniarto Siti Aminah

Sari


ABSTRACT

 

The number of women entrepreneurs in Indonesia has been pretty much. Since its establishment on February 10, 1975, Indonesian Business Women Association (IWAPI) already has over 15,000 members in all provinces in Indonesia. Of these, the majority are small and medium entrepreneurs (97%) and only 3% which is a big business. Women who have high motivation, acting and working without guidance, has a high capability of internal controls as well as a tendency to succeed. Decisions made women showed the high personal and subjective.

The purpose of this study was to analyze the motivational factors to the success of women entrepreneurs in the city of Semarang. The method used in this study is a quantitative research method with multiple regression data analysis tools.

 Its population is female entrepreneur in the city of Semarang. The total sample of 50, sampling carried out by non-random sampling technique sampling, the type used is based sampling or purposive sampling method of sample selection aims to certain considerations (judgmensampling).

From the results of the regression analysis can be obtained need for achievement, need for affiliation, and need for dominance affect the success of women entrepreneurs. The need for autonomy did not significantly affect the success of women entrepreneurs.

 

Keywords: Need for Achievement, Need for Affiliation, Need for Dominance, Need for Autonomy, success of entrepreneurship

 

ABSTRAK

 

Jumlah wanita pengusaha di Indonesia telah cukup banyak. Sejak berdirinya pada 10 Februari 1975, Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) telah memiliki 15.000 lebih anggota yang tersebar di seluruh propinsi di Indonesia. Dari jumlah tersebut, sebagian besar merupakan pengusaha kecil dan menengah (97%) dan hanya 3% yang merupakan pengusaha besar. Perempuan yang memiliki motivasi tinggi, yang bertindak dan bekerja tanpa pengarahan, memiliki suatu kemampuan kontrol internal yang tinggi serta kecenderungan untuk berhasil. Pengambilan keputusan yang dibuat kaum perempuan menunjukkan adanya proses personal dan subyektif yang tinggi.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor motivasional terhadap kesuksesan entrepreneur wanita di kota Semarang.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian  kuantitatif dengan alat analisis data Regresi Berganda. Populasinya adalah entrepreneur wanita di kota Semarang. Jumlah sampel sebanyak 50, pengambilan sampel dilaksanakan dengan teknik pengambilan sampel non random sampling, tipe yang digunakan adalah pengambilan sampel berdasarkan metode purposive sampling atau pemilihan sampel bertujuan dengan pertimbangan tertentu (judgment sampling).

Dari hasil analisis regresi dapat diperoleh kebutuhan akan prestasi, kebutuhan akan afiliasi, dan kebutuhan akan dominasi  mempengaruhi kesuksesan entrepreneur wanita. Kebutuhan akan otonomi tidak signifikan mempengaruhi kesuksesan entrepreneur wanita.

Kata Kunci : Kebutuhan Berprestasi, Kebutuhan Afiliasi, Kebutuhan Dominasi,  Kebutuhan Otonomi dan Kesuksesan berwirausaha


Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari view : 1437 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.