PENANGANAN LONGSORAN DI JALAN SENDANG WATES KECAMATAN KUNDURAN KABUPATEN BLORA

Bambang Widodo

Sari


Lereng merupakan bagian peralian ketinggian  kedataran bagian kaki dengan kedataran bagian puncak dan mempunyai  sudut tertentu yang perlu dipertimbangkan dalam perencanaan teknisnya. Keberadaan lereng yang  sering menimbulkan bahaya longsor perlu adanya penanganan, terutama jika daerah/kawasan yang berhubungan dengan lereng tersebut dimanfaatkan untuk berbagai tujuan. Di atas lereng yang dilakukan penanganan tersebut dimanfaatkan sebagai jalan raya yang menghubungkan Kunduran – Sendangwates Kabupaten Blora.

Lereng yang secara teknis kurang stabil diperlukan cara perkuatan sedemikian sehingga lereng tersebut stabil. Metoda terasering dan dinding penahan tanah di kombinasikan dengan tiang pancang merupakan alternatif yang dipilih dalam penanganan stabilitas lereng tersebut.

Sistem penanganan dituangkan dalam gambar desain yang disetujui untuk dilaksanakan. Hasil pelaksanaan menunjukkan bahwa dengan metode tersebut dihasilkan sistem penanganan yang baik. Hal ini terbukti: sejak di bangunnya pada tahun 2004 sampai sekarang (tahun 2009), sistem tersebut tetap berfungsi dengan baik.


Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari view : 187 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.