UPAYA PEMERINTAH INDONESIA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN DAN FASILITAS KESEHATAN DI PEDESAAN TERKAIT UNDANG-UNDANG KESEHATAN

Hadrianus Diosko Paska

Abstract


Pasal 34 ayat (3) UUD 1945 menyatakan bahwa negara bertanggung jawab atas penyediaan sarana layanan kesehatan dan fasilitas layanan umum yang memadai. Kenyataannya daerah pedesaan cenderung memiliki pelayanan dan fasilitas kesehatan yang tidak memadai dan akses pelayanan kesehatannya terbatas. Dengan menggunakan metode artikel review dari artikel sebelumnya atau data sekunder dan literatur, pada penelitian ini diketahui bahwa kapasitas manajemen yang bervariasi dari pemerintah daerah telah berkontribusi terhadap buruknya kinerja sistem kesehatan secara umum. Hal ini diperparah dengan ketidakjelasan peran dan tanggung jawab di berbagai tingkatan pemerintahan. Standar kualifikasi tenaga kesehatan, termasuk kompetensi teknis, belum ditetapkan. Bimbingan teknis dan pemantauan belum optimal. Kondisi jalan yang tidak layak, distribusi dokter, perawat, dan bidan yang tidak merata di daerah berdampak pada mereka dan juga yang disorot adalah fasilitas yang kurang memadai. Pemerintah harus meningkatkan pelayanan kesehatan di pedesaan agar sesuai dengan undang-undang kesehatan yang berlaku dengan mengeluarkan kebijakan dan pedoman pelayanan kesehatan, meningkatkan kerjasama lintas program atau sektor terkait, peningkatan infrastruktur puskesmas sesuai dengan undang-undang yang berlaku dan melakukan 


Keywords


Fasilitas kesehatan; Hukum Kesehatan; Pelayanan kesehatan

References


Alfitri. 2012. Ideologi Welfare State Dalam Dasar Negara Indonesia: Analisis Putusan Mahkamah Konstitusi Terkait Sistem Jaminan Sosial Nasional. Jurnal Konstitusi 9, No. 3 (2012): 453.

A Shihab. 2018. Hadirnya Negara Di Tengah Rakyatnya Pasca Lahirnya Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (The Presence Of The State Among People After The Declaration Of Law Number 24 Year 2011 Concerning Social Security Administeri). Jurnal Legislasi Indonesia 9, No. 2: 175.

B Jacobs, M Bigdeli, P L Annear, & W Van Damme. 2012. Mengatasi hambatan akses ke layanan kesehatan: kerangka kerja analitis untuk memilih intervensi yang tepat di negara-negara Asia berpenghasilan rendah. Kebijakan dan perencanaan kesehatan, 27(4), 288-300.

Fsry Isriawaty. 2015. Tanggung Jawab Negara Dalam Pemenuhan Hak Atas Kesehatan Masyarakat Berdasarkan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Jurnal Ilmu Hukum Legal Opinion 3, No. 2: 2.

Hadi Prayitno. 2014. Mengurai Komitmen dan Efektifitas Anggaran Kesehatan (Analysis on the Commitment and Effectiveness of Health Budget). Women Research Institute. Jakarta.

Kusnatalia K, A. D Fitriani, & A. Amirah. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Keluarga Pasien Nicu Care Rumah Sakit Umum Daerah Datu Beru Takengon. Jurnal La Medihealtico, 1(5), 22-29.

K Saramunee, J Krska, A Mackridge, J Richards, S Suttajit, & P Phillips-Howard. 2014. Bagaimana meningkatkan pemanfaatan layanan kesehatan masyarakat di apotek komunitas?: perspektif masyarakat umum dan penyedia layanan kesehatan. Penelitian di Farmasi Sosial dan Administrasi, 10(2), 272-284.

Lely Indrawati & D.H Tjandrarini. 2018. Peran indikator pelayanan kesehatan untuk meningkatkan nilai sub indeks kesehatan reproduksi dalam Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM). Media Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, 28(2), 95-102.

M Kadarisman. 2015. Analisis tentang Pelaksanaan Sistem, Sistem Jaminan Sosial Kesehatan Pasca Putusan Mahkamah Konstitusi No. 07/PUU-III/2005. Jurnal Hukum Ius Quia Iustum 22, No. 3: 475.

R Tumiwa, S Pangemanan, & E Sondakh. 2018. Efektivitas Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat Pada Puskesmas Di Kecamatan Dumoga. Jurnal eksekutif, 1(1).

Septie, A.S.A.A.A., & AN Aningrum. 2018. Analisis Penerapan Etika Dan Hukum Kesehatan Pada Pemberian Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Nene Mallomo Kabupaten Sidenreng Rappang. Jurnal Ilmiah Manusia Dan Kesehatan, 1(3), 189-200.

Suharmiati, L Handayani, & L Kristiana. 2012. Faktor yang mempengaruhi keterjangkauan pelayanan kesehatan di puskesmas daerah terpencil perbatasan di Kabupaten Sambas (Studi kasus di Puskesmas Sajingan Besar). Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 15(3), 21346.

S Konli. 2014. Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Puskesmas Desa Gunawan Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tidung. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 2(1), 1925-1936.

T Radito. 2014. Analisis pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas kesehatan terhadap kepuasan pasien Puskesmas. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(2), 1-25.




DOI: http://dx.doi.org/10.56444/malrev.v4i01.3585

Article Metrics

Abstract view : 583 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publishing Office :


Indexed in :





Creative Commons License

view MaLRev stats