APLIKASI (SI D’nOK), PERAN PEMERINTAH DAN TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT

Tri Lestari Hadiati, Johan Dwi Saputra, Antin Novitasari, Indah Fajarwati

Sari


ABSTRAK

 

Di Kota Semarang ditemukan beberapa masalah terkait dengan penggunaan Aplikasi SI D’nOK yaitu aplikasi Sistem Informasi Dokumen Online Kependudukan ( disingkat SI D’nOK)  dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Semarang. Masyarakat sebagai pihak yang menjadi sasaran program ini memiliki peran penting akan keberhasilan aplikasi SI D’nOK, yang di launching sejak tahun 2018. Namun pada saat pra survay (Oktober 2020), ditemukan adanya sebagian masyarakat yang belum mengetahui penggunaan dan adanya aplikasi tersebut, masih banyak yang mengurus surat surat kependudukan dan mendatangi langsung ke kantor Disdukcapil dan kurangnya sosialisasi dari pemerintah Kota Semarang mengenai aplikasi SI D’nOK.

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh aplikasi SI D’nOK terhadap tingkat kepuasan masyarakat (Studi Kasus di Kecamatan Semarang Timur), menganalisis pengaruh peran Pemerintah terhadap tingkat kepuasan masyarakat dan menganalisis pengaruh aplikasi SI D’nOK dan peran Pemerintah terhadap tingkat kepuasan masyarakat Kota Semarang.

Penelitian kuantitatif ini menggunakan tipe eksplanatory untuk menjelaskan pengaruh antar variabel melalui pengujian hipotesis. Populasi nya adalah masyarakat di lokasi wilayah Kecamatan Semarang Timur dan sampel sebanyak 67 orang. Penelitian ini menggunakan teknik Non Probability Sampling (Random Sample), dengan pengambilan sampel secara random.

Hasilnya bahwa pengaruh Aplikasi Sistem SI D’nOK dan Peran Pemerintah Kecamatan terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Kecamatan Semarang Timur Kota Semarang dinyatakan signifikan. Jadi dapat disimpulkan bahwa hipotesa yang menyatakan : “Ada Pengaruh Aplikasi Sistem SI D’nOK dan Peran Pemerintah Kecamatan Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat” dapat dinyatakan diterima.

 

Keywords: aplikasi SI D’nOK, peran Pemerintah, tingkat kepuasan masyarakat, sosialisasi, petugas

 

 

ABSTRACT

 

 

In the city of Semarang, several problems were found related to the use of the SI D'nOK application, namely the Online Population Document Information System application (abbreviated as SI D'AnOK) from the Department of Population and Civil Registration (Disdukcapil) of Semarang City. The community as the target party of this program has an important role in the success of the SI D'nOK application, which was launched in 2018. However, during the pre survey (October 2020), it was found that some people did not know about the use and existence of the application, still many take care of population certificates and go directly to the Disdukcapil office and there is a lack of socialization from the Semarang City government regarding the SI D'nOK application.

This study aims to analyze the effect of the SI D'nOK application on the level of community satisfaction (Case Study in East Semarang District), to analyze the influence of the role of the Government on the level of community satisfaction and to analyze the influence of the SI D'nOK application and the role of the Government on the level of satisfaction of the people of Semarang City.

This quantitative research uses an explanatory type to explain the influence between variables through hypothesis testing. The population is the people in the area of East Semarang District and a sample of 67 people. This study uses the Non Probability Sampling (Random Sample) technique, with random sampling.

The result is that the influence of the SI D'nOK System Application and the Role of the District Government on the level of community satisfaction in the East Semarang District, Semarang City, is significant. So it can be concluded that the hypothesis which states: "There is an Influence of the SI D'nOK System Application and the Role of the District Government on the Level of Community Satisfaction" can be stated as accepted.

 

Keywords: SI D'AnOK application, the role of the Government, the level of community satisfaction, outreach, officers


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.56444/psgj.v2i02.2277

Article Metrics

Sari view : 3103 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN : 2797-9083 (media online)