Customer Relationship Dan Kepuasan Pelanggan PUDAM Kabupaten Demak

Endang Swastuti

Sari


Tujuan utama dari pelayanan publik seperti pelayanan PUDAM di Kabupaten Demak adalah memberikan pelayanan untuk kebutuhan umum masyarakat, yang dalam hal ini adalah kebutuhan air minum. Melalui metode penelitian eksplanasi dengan pendekatan kuantitatif menemukan bahwa kepercayaan, penangan masalah dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Konsep customer relationship, kepercayaan dan penanganan masalah memfokuskan pada pengembangan dan pemeliharaan hubungan yang baik dengan pelanggan dengan tujuan untuk memahami dan memenuhi kebutuhan dan preferensi mereka, dan mempertahankan loyalitas mereka. Ini melibatkan identifikasi, evaluasi, dan pengembangan hubungan dengan pelanggan potensial dan saat ini melalui interaksi personal, media digital, dan teknologi. Kontribusi dari konsep ini adalah peningkatan loyalitas pelanggan, peningkatan penjualan, dan peningkatan efisiensi bisnis, sehingga mempercepat proses pertumbuhan  bisnis dan mengurangi biaya, peningkatan pengalaman pelanggan serta peningkatan informasi pelanggan dengan membantu perusahaan mengumpulkan, menyimpan, dan menganalisis informasi pelanggan untuk memahami dan memenuhi kebutuhan mereka.

The main objective of public services such as the PUDAM service in Demak Regency is to provide services for the general needs of the community, which in this case is the need for drinking water. Through explanatory research methods with a quantitative approach, it was found that trust, problem-solving, and confidence have a significant impact on customer satisfaction. The concept of the customer relationship, trust, and problem-solving focuses on developing and maintaining good relationships with customers with the aim of understanding and meeting their needs and preferences, and retaining their loyalty. This involves the identification, evaluation, and development of relationships with potential and current customers through personal interactions, digital media, and technology. The contributions of this concept include increased customer loyalty, increased sales, and increased business efficiency, thus accelerating business growth and reducing costs, improving customer experience, and improving customer information by helping companies collect, store, and analyze customer information to understand and meet their needs.


Kata Kunci


Kepuasan Pelanggan,Kepercayaan, Penanganan Masalah Dan Customer Relationship

Teks Lengkap:

PDF (English)


DOI: http://dx.doi.org/10.56444/.v11i2.3688

Article Metrics

Sari view : 178 times
PDF (English) - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : 2302-2752 http://u.lipi.go.id/1346221190

Isi Naskah jurnal menjadi tanggung jawab penuh penulis yang bersangkutan

Dikelola oleh Penerbit Jurnal FEB UNTAG Semarang. Email: untag@untagsmg.ac.id atau jurnalsamac@gmail.com