Studi Penerapan Pengendalian Intern Sistem Informasi Akuntansi Penggajian Outsourcing

Jaluanto Sunu Punjul Tyoso, Rizka Parasmita Dewi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pengendalian intern sistem informasi akuntansi penggajian outsourcing dan kendala apa saja dari pengendalian intern sistem informasi akuntansi penggajian outsourcing. Desain Penelitian berlandaskan pada post positivisme. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan.  Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan Teknik Analisis triangulasi yaitu dengan memberikan pertanyaan yang sama kepada 3 narasumber  yang  berbeda dan 5 langkah analisis sistem.

Hasil penelitian ini menghasilkan bahwa penerapan internal sistem informasi akuntansi penggajian untuk outsourcing masih terdapat beberapa kendala seperti otorisasi dokumen dan prosedur pencatatan yang belum efektif pada proses pencatatan dan penggajian yang masih menggunakan aplikasi sederhana, praktik yang kurang sehat seperti penetapan gaji untuk karyawan outsourcing tidak sesuai dengan prestasi kerja para pegawai yang dicapai, serta sistem informasi akuntansi penggajian outsourcing yang perlu diperhatikan seperti pembayaran gaji karyawan outsourcing yang dibayarkan terlebih dahulu sesuai periode penggajian disetiap akhir bulan, kemudian akan ditagihkan ke pengguna jasa (pihak kedua) untuk pembayaran gaji  karyawan outsourcing tersebut.

This research is to attempt to explore implementation of internal control on accountng information system of payroll of outsourcing and to understand its obstacles of this implemention. Research design is based on post positivism. Data have been collected by indepth interviewing, documentation, and library reseacrh, so that this study is to use a descriptive qualitative method. Analysis technic used is trigulation with three key informants and  5 steps of system analysis. The results show that the implementation of internal control on AIS of outsourcing payroll faced document otoritation and accounting procedures not yet done effectively because using simple application, best practices was not done well that indicated by payment decision did not related to emplyees’ achievement.


Kata Kunci


: internal conrol, accounting information systems, outsourcing payroll, best practices

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.56444/sa.v7i1.698

Article Metrics

Sari view : 979 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : 2302-2752 http://u.lipi.go.id/1346221190

Isi Naskah jurnal menjadi tanggung jawab penuh penulis yang bersangkutan

Dikelola oleh Penerbit Jurnal FEB UNTAG Semarang. Email: untag@untagsmg.ac.id atau jurnalsamac@gmail.com