Efektivitas Layanan BPJS Untuk Kepuasan Pelanggan

Santy Febryaningsih

Sari


BPJS Kesehatan adalah organisasi publik yang didirikan untuk memberikan layanan kesehatan kepada seluruh penduduk Indonesia dengan prinsip asuransi kesehatan.Jaminain Kesehatan Nasional (JKN) adalah nama programnya. Efektivitas layanan BPJS Kesehatan untuk kepuasan pelanggan dapat diterima dengan baik, terutama jika pelayanan memenuhi kebutuhan dan tingkat kepuasan pelanggan.
Tujuan penulisan ini untuk mengetahui kualitas Pelayanan Kesehatan Pengguna BPJS berdampak pada Kepuasan Konsumen dan faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien pengguna BPJS. Pendekatan yang peneliti gunakan pada penelitian ini adalah pendekatan yuridis empiris.  
Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa Tidak ada perbedaan dalam perlakuan Rumah Sakit terhadap pasien BPJS kecuali jika itu diatur oleh aturan dan faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien pengguna BPJS terhadap pelayanan kesehatan antara lain tingkat mutu pelayanan, Interaksi personal, Fasilitas, Pendidikan, pendapatan, dan tingkat kelas kepesertaan, Persepsi.


Kata Kunci


BPJS; Kepuasan Pelanggan; Pelayanan

Referensi


Wahit Iqbal Mubarak. 2005. Pengantar Keperawatan Komunitas 1. Jakarta: CV. Sagung Seto..

Ristiyanti Prasetiyo dan John lhalauw. 2004. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: PT Andi Offset.

Wahit Iqbal . 1999. Pengantar Keperawatan Komunitas, Jakarta : pustaka kencana.

Nanang Tasunar. 2006. Kualitas Layanan Sebagai Strategi Menciptakan Kepuasan pada Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: PT Salemba Empat.

Dr Anggraeni E.K, 2022. KEBIJAKAN DAN MANAJEMEN PELAYANAN KESEHATAN, Semarang : UNTAG,.

https://biz.kompas.com/read/2023/11/02/092556428/dongkrak-kualitas-pelayanan-bpjs-kesehatan-wujudkan-layanan-jkn-berkesinambungan. diaskses tanggak 19 maret 2024




DOI: http://dx.doi.org/10.56444/jrs.v5i01.5352

Article Metrics

Sari view : 3 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Publishing Office :


Terindeks :





Creative Commons License
View Jurnal JURISTIC Stats