Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Jurnal Ilmiah Dunia Hukum?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

PEDOMAN PENULISAN (AUTHOR GUIDELINES)

JURNAL ILMIAH DUNIA HUKUM PDIH UNTAG Semarang

Jurnal Ilmiah Dunia Hukum  (JIDH) adalah Jurnal berkala ilmiah yang terbit dua edisi dalam setahun (edisi April dan Oktober). Dunia Hukum menerima tulisan/artikel yang belum pernah dipublikasikan di media lain untuk diterbitkan dengan ketentuan sebagai berikut

Persyaratan Umum

  1. Naskah yang dikirim ke Jurnal Ilmiah Dunia Hukum adalah artikel ilmiah yang meliputi hasil penelitian atau ide konseptual yang terkait dengan studi hukum dan ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia.

  2. Naskah artikel merupakan karya asli (tanpa plagiarisme), serta belum pernah diterbitkan dan dipertimbangkan untuk diterbitkan pada media lain, hal tersebut harus dibuktikan dengan pernyataan orisinalitas, naskah diketik dengan minimal 10-20 halaman termasuk bibilografi dan kutipan.
  3. Sistematika yang ditulis dalam jurnal ini meliputi : Judul; Nama ;Abstrak; Pendahuluan; Perumusan masalah; Metode penelitian; Pembahasan dan Penutup.
  • Judul;

Judul ditulis secara ringkas tanpa tanda baca, serta singkatan

  • Nama;

Nama penulis ditulis tanpa gelar dan hanya mencantumkan afiliasi lembaga, serta email aktif dari masing-masing penulis

  • Abstrak;

Abstrak memuat ringkasan seluruh penulisan artikel dengan tujuan penulisan serta metode yang digunakan dijelaskan secara deskriptif diawal paragraf. Abstrak ditulis maksimal 300 kata dengan 3-5 kata kunci yang disusun secara alfabeth tanpa mencantumkan kata yang memuat tentang lembaga dan peraturan perundang-undangan.

  • Pendahuluan;

Pendahuluan harus jelas dan menyediakan masalah yang akan dibahas dalam naskah. Pada akhir paragraf, penulis harus mengakhiri dengan komentar tentang pentingnya identifikasi masalah dan tujuan penelitian.

  • Perumusan masalah;

Rumusan masalah yang dicantumkan dalam artikel ini meliputi pertanyaan yang akan dijelaskan dalam pembahasan

  • Metode penelitian;

Metode penelitian ditulis dan dijelaskan tidak lebih dari 1500 kata, metode penelitian dibahas hanya untuk artikel hasil penelitian saja

  • Pembahasan;

Bagian ini adalah bagian terpenting dari artikel anda. Bagian ini berisi dari objek penelitian dan harus jelas serta ringkas. Analisis kasus dan tinjauan teoritis dicantumkan hanya dalam bagian ini.

  • Penutup;

Penutup meliputi kesimpulan dan saran, kesimpulan tidak hanya sekedar meringkas hasil pembahasan, kesimpulan harus dapat menjawab permasalahan serta tujuan penelitian yang sudah ditetapkan oleh penulis. Saran adalah gagasan atau ide-ide yang ingin penulis sampaikan dari kesimpulan yang didapatkan.

  • Ucapan Terimakasih;

Bagian ini hanya bersifat opsional, ucapan terimaksih tidak ditunjukan kepada dewan editor, dan tidak memuat kata-kata yang tidak penting, bagian ini hanya ditulis untuk ditujukan kepada lembaga atau pihak terkait yang memberikan kontribusi terhadap penelitian artikel ini.

  • Referensi;

Referensi pada akhir tulisan disusun secara alfabetis dengan menggunakan metode pengutipan APA (American Psychological Association) Citation Style. Kami menyarankan penulisan untuk menggunakan aplikasi Reference Manager Applications seperti EndNote, Mendeley, Zotero, etc.

Books with an author:

Achmad Ali. (2012). Menguak TeoriHukum (Legal Theory) danTeori Peradilan (Judicialprudence) Termasuk InterpretasiUndang-Undang (Legalprudence). Jakarta: Kencana.

Journal articles:

Aarne Poisto&Hamed Alavi(2016). Abuse of Dominant Market Position by Predatory Pricing; TheValio Case. Hasanuddin Law Review, 2(1), 24-37. doi:http://dx.doi.org/10.20956/halrev.v1n1.212

World Wide Web:

British Broadcasting Corporation. (2012). Noken Papua MendapatPengakuan UNESCO. Available online from: http://www.bbc.co.uk/indonesia/berita_indonesia/2012/12/121205_noken_unesco. [Accessed May 16, 2015].

Footnotes

Books:

Werner Menski. (2000). Comparative Law in a Global Context, The Legal Systems of Asia and Africa. London: Platinum Publishing Ltd, p. 16

Journal articles:

ArieAfriansyah. (2015). “Foreigners Land Rights Regulations: Indonesia’s Practice”. JurnalMimbarHukum, 27(1): 98-116

 

Penerimaan artikel dilakukan secara daring (online submission) pada website Dunia Hukum: http://jurnal.untagsmg.ac.id/index.php/pdih

Artikel yang belum memenuhi ketentuan formal di atas tidak akan diproses. Dewan penyunting berhak menyeleksi dan mengedit artikel yang masuk. harap perhatikan Tamplate Jurnal sebelum mengirimkan naskah.

 

 

Dunia Hukum PDIH Untag Semarang

Jl. Pemuda No. 70, Kota Semarang,
Jawa Tengah – Indonesia
Telp. (024) 8441772
Email: pdih@untagsmg.ac.id

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Penyerahan belum diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain (atau sebuah penjelasan belum disediakan dalam komentar kepada editor).
  2. File naskah dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  3. Ketika tersedia, URLs untuk referensi telah disediakan.
  4. Teks 1 spasi; font 12; italic; tidak digaribawahi (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, figur, dan tabel yang ditempatkan di dalam teks pada poin yang tepat, jangan di akhir.
  5. Teks yang mematuhi persyaratan mengenai perpustakaan dan gaya bahasa digambarkan secara garis besar di Petunjuk Penulis, yang akan ditemukan dalam halaman Tentang Kami.
  6. Jika penerimaan untuk bagian peer-review dari jurnal, instruksinya terdapat di Memastikan Reviewer Anonim telah diikuti.
 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.