Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Dunia Hukum?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

PEDOMAN PENULISAN (AUTHOR GUIDELINES)

DUNIA HUKUM PDIH UNTAG Semarang

Dunia Hukum PDIH  (pdih) adalah Jurnal berkala ilmiah yang terbit dua edisi dalam setahun (edisi Mei dan November). Dunia Hukum menerima tulisan/artikel yang belum pernah dipublikasikan di media lain untuk diterbitkan dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Tulisan dapat berupa artikel penelitian maupun artikel konseptual (lepas) di bidang hukum. Artikel diketik dengan menggunakan computer di atas kertas A4 dengan margin atas dan kiri 4 cm, margin bawah dan kanan 3 cm, menggunakan tipe huruf Times New Roman, ukuran font 12 dan spasi 1,5. Judul artikel berbahasa Indonesia terdiri maksimal 12 kata, sedangkan judul artikel berbahasa Inggris terdiri maksimal 19 kata. Artikel harus disertai dengan abstrak dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia sepanjang 75 kata. Kata kunci disesuaikan dengan bahasa artikel sebanyak 5-7 kata.
  2. Sistematika penulisan:
    • Sistematika naskah hasil penelitian harus mencakup: Judul, Nama Penulis, Abstract (berbahasa Inggris)  dan Abstrak (berbahasa Indonesia), Kata Kunci, Latar Belakang Masalah, Metode Penelitian, Hasil Penelitian dan Pembahasan, Penutup (Kesimpulan dan Saran), Daftar Pustaka.
    • Sistematika naskah artikel konseptual harus mencakup: Judul, Nama Penulis, Abstract (berbahasa Inggris) dan Abstrak (berbahasa Indonesia), Kata Kunci, Pendahuluan, Pembahasan, Kesimpulan, Daftar Pustaka.
  3. Penulisan daftar pustaka disusun secara alfabetis dengan tata cara penulisan sebagai berikut:

Buku

Penulisan dimulai dengan nama pengarang tanpa gelar, tahun penerbitan, judul buku (dicetak miring), penerbit, tempat penerbitan.

Contoh:

-          Soetandyo Wignjosoebroto, 2002, Hukum, Paradigma, Metode, dan Dinamika Masalahnya, Elsam, Jakarta.

-          Soimin Soedharyo, 1992, Hukum Orang dan Keluarga, Sinar Grafika, Jakarta.

-          Weston Paul M, 1965, Supervision in The Administration of Justice Police Correction Courtis, Springfield, CH.C. Thomas.    

Internet

Penulisan dimulai dengan nama penulis tanpa gelar, Judul tulisan (dimulai dan diakhiri dengan tanda petik) tempat tulisan dimuat (dicetak miring), tanggal diakses.

  • Daftar pustaka hendaknya dirujuk dari edisi mutakhir dan sangat disarankan berasal dari jurnal.
  • Penulisan kutipan menggunakan model catatan kaki (footnote). Cara penulisan seperti pada angka 4, tetapi nama pengarang tidak dibalik penulisannya. Penulisan halaman disingkat menjadi “hlm”.

 

Penerimaan artikel dilakukan secara daring (online submission) pada website Dunia Hukum: http://jurnal.untagsmg.ac.id/index.php/pdih

Artikel yang belum memenuhi ketentuan formal di atas tidak akan diproses. Dewan penyunting berhak menyeleksi dan mengedit artikel yang masuk.

 

 

Dunia Hukum PDIH Untag Semarang

Jl. Pemuda No. 70, Kota Semarang,
Jawa Tengah – Indonesia
Telp. (024) 8441772
Email: pdih@untagsmg.ac.id

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Penyerahan belum diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain (atau sebuah penjelasan belum disediakan dalam komentar kepada editor).
  2. File naskah dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  3. Ketika tersedia, URLs untuk referensi telah disediakan.
  4. Teks 1 spasi; font 12; italic; tidak digaribawahi (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, figur, dan tabel yang ditempatkan di dalam teks pada poin yang tepat, jangan di akhir.
  5. Teks yang mematuhi persyaratan mengenai perpustakaan dan gaya bahasa digambarkan secara garis besar di Petunjuk Penulis, yang akan ditemukan dalam halaman Tentang Kami.
  6. Jika penerimaan untuk bagian peer-review dari jurnal, instruksinya terdapat di Memastikan Reviewer Anonim telah diikuti.
 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.