Pelaksanaan Lelang Eksekusi Hak Tanggungan Melalui Balai Lelang

Supriadi Jufri, Anwar Borahima, Nurfaidah Said

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan meganalisis perlindungan bagi pembeli lelang eksekusi hak tanggungan yang beritikad baik melalui balai lelang, serta tanggung jawab dalam pelaksanaan lelang eksekusi hak tanggungan. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif (normative legal research) dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan (statute approach), pendekatan kasus (cases approach), dan pendekatan konseptual (conceptual approach). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlindungan hukum terhadap pembeli lelang eksekusi hak tanggungan melalui Balai Lelang yang beritikad baik bahwa VR dan peraturan mengenai lelang lainnya tidak memberikan perlindungan hukum secara preventif. Untuk menguasai objek lelang, pemenang lelang harus mendapatkan perlindungan hukum secara represif dengan cara meminta bantuan kepada pengadilan untuk mengganti rugi atas objek yang seharusnya dapat dikuasai oleh pemenang lelang. Balai Lelang dan KPKNL bertanggung jawab untuk meneliti kelengkapan dokumen dokumen persyaratan lelang dan legalitas formal subjek dan objek lelang. Pejabat Lelang juga bertanggung jawab terhadap risalah lelang sebagai akta otentik. Balai Lelang, dalam hal ini Pejabat Lelang hanya bertanggung jawab terhadap kebenaran yang bersifat formil, sedangkan kebenaran yang bersifat materil merupakan tanggung jawab dari Penjual atau Pemilik Barang.


Kata Kunci


Eksekusi; Hak Tanggungan; Kredit; Lelang; Perjanjian

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Buku:

Ahmadi Miru dan Sakka Pati. 2016.Hukum Perikatan Penjelasan Makna Pasal 1233 sampai 1456 BW. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Alfitri. 2016. Ideologi Welfare State dalam Dasar Negara Indonesia: Analisis Putusan Mahkamah Konstitusi Terkait Sistem Jaminan Sosial Nasional. Jurnal Konstitusi, 9(3), 449-472.

Anshori Ilyas, Muhammad Ilham Arisaputra, Mustafa Bola, dan Dian Utami Mas Bakar. 2017.Kontrak Publik. Makassar: UPT Unhas Press.

Bryan A. Garner. 2009. Black’s Law Dictionary. ed. ke-9. USA: Thompson Reuters.

H. Salim.2004. Perkembangan Hukum Jaminan di Indonesia.PT.Rajagrafindo Persada: Jakarta.

Hermansah. 2005.Hukum Perbankan Nasional Indonesia. Kencana Prenada Media Group: Jakarta.

Herowati Poesoko. 2003. Dinamika Hukum parate executie objek hak tanggungan. Aswata: Yogyakarta.

Irma Devita Purnamasari. 2014. Kiat-Kiat Cerdas, Mudah, dan Bijak Memahami Masalah Hukum Jaminan Perbankan. Kaifa: Bandung.

M. Bahsan. 2007. Hukum Jaminan dan Jaminan Kredit Perbankan Indonesia. PT.Rajagrafindo Persada: Jakarta.

M.Yahya Harahap. 1998. Ruang Lingkup Permasalahan Eksekusi Bidang Perdata. Gramedia: Jakarta.

Octavian Imam Renaldy. 2010.Pelaksanaan Lelang Oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara Dan Lelang (KPKNL) Dumai Provinsi Riau Dalam Perspektif Hukum Administrasi Negara.Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Peter Mahmud Marzuki. 2005. Penelitian Hukum. Jakarta: Kencana. Hlm. 93.

Rachmadi Usman. 2001. Aspek-Aspek Hukum Perbankan di Indonesia. Ctk. Pertama. Gramedia Pustaka Tama: Jakarta.

Siswanto Sutojo.1997.Menangani Kredit Bermasalah Konsep Teknis dan Kasus. Pustaka Binaman Pressindo: Jakarta.

Zulheriyanto. 2013. Pembaharuan Surat Kuasa Membebankan Hak Tanggungan (SKMHT) Dalam Pemasangan Hak Tanggungan(Studi Kasus di Kota Bukittinggi). Jurnal MINUTA: Jurnal Ilmiah Hukum Kenotariatan Fakultas Hukum Universitas Andalas.

Sumber lainnya:

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 189/PMK.06/2017 tentang Pejabat Lelang Kelas II.

Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor: 27/PMK. 06/2016, Tentang Petunjuk Pelaksanaan Lelang.

Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor: 158/PMK .06/ 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Memteri Keuangan Nomor 174/PMK.06/2010 tentang Pejabat Lelang Kelas I.

Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor: 113/PMK. 06/ 2019 tentang Balai Lelang.

Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2016 Tentang Pemberlakuan Rumusan Hasil Rapat Pleno Kamar Mahkamah Agung Tahun 2016 Sebagai Pedoman Pelaksanaan Tugas Bagi Pengadilan.




DOI: http://dx.doi.org/10.56444/jidh.v4i2.1379

Article Metrics

Sari view : 5004 times
PDF (English) - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.






Jurnal Ilmiah Dunia Hukum indexed at:



Member of:



Visitors:

Tandai Penghitung

Web
Analytics