Pengaruh Persepsi Dan Nilai Nasabah Terhadap Tingkat Kepercayaan Bank (Studi Pada Nasabah Bank BPR Syariah Di Kota Semarang)
Abstract
ABSTRAK
Bank BPR syariah yang digerakkan dengan sistem bagi hasil serta orientasi maslahah (kebaikan) dan kehalalan telah mendorong kompetisi perbankan yang bertumpu pada bunga. Namun begitu, kepercayaan masyarakat untuk berinvestasi melalui perbankan syariah masih relatif rendah. Ini menjadi latar untuk melakukan penelitian tentang apa penyebab rendahnya kepercayaan masyarakat terhadap perbankan syariah. Persepsi dan nilai nasabah menjadi orientasi peneliti menduga penyebab tinggi rendahnya tingkat kepercayaan BAnk (BPR) Syariah di Kota Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi dan nilai nasabah terhadap kepercayaan bank BPR Syariah di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi. Instrumen dalam pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan teknik non probability sampling berdasar Convvenience Sampling yaitu berdasarkan kemudahan ditemui tanpa membedakan responden moslem dan non moslem terhadap 100 responden. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Persepsi dan Nilai Nasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Tingkat Kepercayaan Bank.
Kata kunci: persepsi, nilai, kepercayaan
ABSTRACT
BPR syariah bank is driven by the sharing system as well as the orientation maslahah (kindness) and halal banking has encouraged competition resting on an interest. However, public confidence to invest in Islamic banking is still relatively low. This is the backdrop to do research on what causes of low public confidence in the Islamic banking. Perception and value customers into high orientation researchers suspect causes low levels of trust banks (BPR) Sharia in Semarang. The purpose of this study was to determine the effect of the perception and value of customers' confidence BPR Syariah bank in Semarang. This study uses a quantitative method by regression analysis. Instruments in data collection using a questionnaire with non-probability sampling technique based Convenience Sampling is based on the ease encountered regardless respondent moslem and non-moslem on 100 respondents. The study concluded that the Customer Perception and Customer value had positive and significant impact on the level of Bank Trust.
Key words : perception, value, trust
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.24856/mem.v32i1.461
Article Metrics
Abstract view : 1651 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Media Ekonomi dan Manajemen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.