Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Keuangan Perusahaan

Imanuel Parluhutan Mangasi Nainggolan, Monica Weni Pratiwi

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kinerja keuangan perusahaan. Faktor-faktor tersebut diproksikan menjadi konservatisme akuntansi, konvergensi International Financial Reporting Standard, dan struktur modal. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2011 sampai dengan 2013 sebanyak 153 sampel. Dalam penelitian ini metode analisis data yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan regresi berganda. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada perusahaan manufaktur terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dapat disimpulkan bahwa konservatisme akuntansi dan struktur modal berpengaruh terhadap kinerja keuangan sedangkan konvergensi International Financial Reporting Standard yang diproksikan dengan manajemen laba tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan.

 

Kata Kunci: Kinerja Keuangan, Konservatisme Akuntansi, Konvergensi International Financial Reporing Standard, Struktur Modal.

 

Abstract

 

This study aimed to analyze the factors that affect the company's financial performance. These factors proxy into accounting conservatism, the convergence of International Financial Reporting Standards, and capital structure. The sample used in this research is manufacturing companies listed in Indonesia Stock Exchange from 2011 to 2013 as many 153 sample. In this study, data analysis method used is quantitative approach using multiple regression. Based on research that has been conducted on manufacturing companies listed in Indonesia Stock Exchange, it can be concluded that accounting conservatism and capital structure affect the financial performance whereas convergence of International Financial Reporting Standard proxy by earnings management has no effect on the financial performance.

Keywords: Financial Performance, Accounting Conservatism, The Convergence Of International Financial Reporting Standard, Capital Structure.




DOI: http://dx.doi.org/10.24856/mem.v32i1.465

Article Metrics

Abstract view : 18745 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)




View My Stats

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.