IMPLEMENTASI PELAYANAN BRIMOB TERHADAP MASYARAKAT

Bambang Budi Leksono

Abstract


Artikel ini membahas tentang konsep, prinsip, dan asas-asas pelayanan publik berbasis e-government, serta implementasi pelayanan publik berbasis e-government oleh Brimob Polri sebagai unit pelayanan publik yang bertanggung jawab terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat. Artikel ini menggunakan metode penelitian hukum normatif dengan pendekatan tertentu, yaitu analisis isi, analisis komparatif, dan analisis normatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, yaitu data hukum primer, data hukum sekunder, dan data hukum tersier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brimob Polri telah melakukan berbagai upaya reformasi dan inovasi dalam rangka meningkatkan kualitas, efektivitas, dan efisiensi pelayanan publik berbasis e-government, namun masih terdapat beberapa permasalahan yang menghambat proses implementasi pelayanan publik tersebut. Artikel ini memberikan rekomendasi dan saran untuk perbaikan dan peningkatan pelayanan publik berbasis e-government oleh Brimob Polri, serta memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya ilmu hukum, dan manfaat bagi pemerintah, khususnya Brimob Polri, dan masyarakat.


Keywords


Pelayanan Publik; E-government; Brimob Polri; Reformasi; Inovasi

References


Firdaus, F., & Nggeboe, F. (2021). Pengembangan Kapasitas Birokrasi dalam Rangka Peningkatan Kinerja Pelayanan Publik. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 268-274.

Gioh, A. (2021). Pelayanan Publik E-Government Di Dinas Komunikasi Informatika Kabupaten Minahasa. POLITICO: Jurnal Ilmu Politik, 10(1).

Ismail, G. S. R. (2022). PERTANGGUNG JAWABAN PIDANA POLISI YANG MENYALAHGUNAKAN NARKOTIKA DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 35 TAHUN 2009 TENTANG NARKOTIKA. LEX PRIVATUM, 10(5).

Lumbanraja, A. D. (2020). Urgensi Transformasi Pelayanan Publik melalui E-Government Pada New Normal dan Reformasi Regulasi Birokrasi. Administrative Law and Governance Journal, 3(2), 220-231.

Marwa, L., & Kuswardijah, S. (2021). ANALISA PENERAPAN ETIKA PROFESI DALAM PELAYANAN SEKTOR PUBLIK DI SATBRIMOB: Studi Kasus pada Satbrimob Polda Jatim. Ekomania, 7(1).

Muliawaty, L., & Hendryawan, S. (2020). Peranan e-government dalam pelayanan publik (studi kasus: Mal pelayanan publik Kabupaten Sumedang). Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 11(2), 45-57.

Mursyidah, L., & Choiriyah, I. U. (2020). Buku Ajar Manajemen Pelayanan Publik. Umsida Press, 1-112.

Ohoiulun, M. I. E., & Sunarya, A. (2023). Optimalisasi Pelayanan Administrasi Di Bagian Operasional Satuan Brimob Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah. Soetomo Magister Ilmu Administrasi, 1(2), 133-144.

Rahmadany, A. F. (2021). Implementasi Pelayanan Publik berbasis Electronic Government dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 di Indonesia. Jurnal Ilmiah Administrasi Pemerintahan Daerah, 13(1), 118-125.

Sellfia, N. R., Dayat, U., & Aryani, L. (2021). Inovasi pelayanan publik berbasis e-government dalam aplikasi sampurasun Purwakarta. Kinerja, 18(4), 590-598.

Tui, F. P., Ilato, R., & Katili, A. Y. (2022). Inovasi Pelayanan Publik Melalui E-Government Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Gorontalo. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(2), 254-263.

Wiranata, R. A., & Kristhy, M. E. (2022). Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik Sebagai Values Of Law Atas Pelayanan Publik Terhadap Penyandang Disabilitas. Jurnal Komunikasi Hukum (JKH), 8(1), 208-218.

Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.

Jaspin, S. W., Edowai, R., Haidar, A. M., Dermawan, A. W., Said, M., Remmang, H., ... & Menne, F. (2021). KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIAL & BUDAYA ORGANISASI DALAM PELAYANAN PUBLIK. Berkah Utami.

Hardiyanti Kamaruddin, D., Haeruddin, M. A., Iryansyah, M. R., Mubarak, A., Pekei, M., Mardjuni, S., ... & Said, M. (2021). SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DAN PELAYANAN PUBLIK. Pusaka Almaida.




DOI: http://dx.doi.org/10.56444/malrev.v5i01.4803

Article Metrics

Abstract view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publishing Office :


Indexed in :





Creative Commons License

view MaLRev stats